Hagia Sophia

17 November 2023

Keluarga Pasien Mati Otak Donorkan Organ Tubuh untuk Selamatkan 5 Nyawa

Ilustrasi. Foto: thinkstock

Viral kisah seorang ayah di China menyumbangkan organ tubuh putrinya yang mengalami mati otak. Berkat kerelaannya itu, ayah tersebut menyelamatkan nyawa lima orang. Semua berawal ketika sang putri, Deng Xingyan (20) mengalami kecelakaan lalu lintas pada 27 Oktober, tepat seminggu sebelum ia memulai pekerjaan magangnya.

Imbas kecelakaan tersebut, dokter menyatakan Xingyan mengalami mati otak. Sang ayah, Deng Liangfu, langsung bergegas ke rumah sakit setelah mendengar kabar tersebut. Dari sanalah, ia memutuskan untuk mendonorkan organ tubuh putrinya.

Liangfu telah kehilangan istri dan putra sulungnya akibat kecelakaan beberapa tahun lalu, sehingga ia hanya hidup bersama ibu dan Xingyan putri satu-satunya.

Liangfu mengisahkan, Xingyan adalah seorang wanita muda yang sangat bijaksana. Sebagai mahasiswa teknik arsitektur, Xingyan pernah menyebut dirinya ingin merancang rumah yang hangat untuk keluarganya setelah lulus.

Terdapat lima organ yang disumbangkan oleh Xingyan, yakni jantung, hati, paru-paru, dan ginjal yang kemudian disumbangkan kepada lima pasien. Sebelum tindakan tersebut dijalankan, Liangfu sempat menyampaikan ucapan selamat tinggal terakhirnya kepada Xingyan.

Liangfu berharap, orang-orang yang menerima donasi organ tersebut akan hidup dengan baik dan 'melanjutkan hidup putrinya'.

"Ayah yang hebat, masih memiliki cinta yang begitu besar setelah kehilangan tiga anggota keluarga dekatnya," kata seorang pengguna medsos di Weibo, dikutip dari South China Morning Post (SCMP), Kamis (16/11/2023).

"Saya berharap orang-orang yang menerima organnya akan menghargai hidup mereka dan merasakan keindahan dunia bersamanya," ujar pengguna yang lain.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Haru Pasien Mati Otak Donorkan Organ Tubuhnya demi Selamatkan 5 Nyawa"