Hagia Sophia

17 November 2023

Kualifikasi Euro 2024: Siprus Kalah dari Spanyol 1-3

Spanyol kalahkan Siprus 3-1 di Kualifikasi Euro 2024 (AP/Petros Karadjias)

Timnas Spanyol mengukuhkan posisinya di puncak Grup A Kualifikas Euro 2024. Ini setelah La Furia Roja menang 3-1 di kandang Siprus.

Pada pertandingan yang dihelat di Alphamega Stadium, Jumat (17/11/2023) dini hari WIB, Spanyol menurunkan beberapa pemain pelapisnya seperti kiper David Raya, Martin Zubimendi, Mikel Merino, Lamine Yamal, dan Joselu.

Alejandro Grimaldo memainkan debutnya bersama timnas senior setelah performa mantap di Bayer Leverkusen musim ini.

Yamal membuka keunggulan Spanyol pada menit kelima. Diawali umpan Mikel Merino kepada Joselu di kotak penalti, bola gagal disepakan pemain Real Madrid itu dan mengarah ke Yamal.

Yamal dengan mudah mengecoh Joel Mall di bawah mistar sebelum mengirimkan bola ke gawang kosong.

Gol Lamine Yamal membuka keunggulan Spanyol 1-0. (Foto: AP/Petros Karadjias)

Spanyol yang menguasai pertandingan dengan mudah menembus pertahan Siprus. Umpan-umpan pendek yang jadi ciri khas mereka dipertontonkan.

Pada menit ke-22, Spanyol menggandakan skor lewat Mikel Oryazabal. Kerjasama 1-2 dengan Grimaldo di sisi kiri penyerangan Spanyol memudahkan Oryazabal masuk ke kotak penalti.

Dia langsung menyepak bola melewati sela kaki Joel Mall. Gol itu sempat dianulir tapi VAR mengesahkan karena Oryazabal tidak dalam posisi offside.

Mikel Oryazabal menambah skor jadi 2-0. (Foto: AP/Petros Karadjias)

Satu peluang didapat Zubimendi pada menit ke-26 lewat sepakan keras yang masih menghantam tiang.

Spanyol lantas membuat skor jadi 3-0 pada menit ke-28 berkat gol Joselu, yang berdiri bebas di tiang jauh untuk menanduk bola sepak pojok Oryazabal.

Skor tersebut bertahan hingga turun minum. Masuk di babak kedua, Spanyol masih mendominasi pertandingan dan berupaya untuk menambah gol.

Siprus bisa memperkecil ketertinggalan jadi 1-3 pada menit ke-73. Gavi kehilangan bola di lini tengah dan memudahkan Charalampos Charalampous mengirimkan umpan terobosan yang diteruskan Kostas Pileas jadi gol ke gawang David Raya.

Gol itu sempat ditinjau VAR karena adanya pelanggaran kepada Gavi, tapi akhirnya disahkan.

Hingga laga Siprus vs Spanyol tuntas, tidak ada gol tambahan tercipta. Spanyol kukuh di posisi pertama Grup A dengan 18 poin dari tujuh, unggul dua angka dari Skotlandia di posisi kedua.

Siprus di posisi terbawah dengan nol poin dari delapan laga.

Susunan pemain

Siprus: Joel Mall; Stelios Andreou, Andreas Karo (Ioannis Kousoulos 66'), Alexander Gogic, Konstantinos Laifis, Nicholas Ioannou; Charalambos Kyriakou (Charalampos Charalampous 45'), Hector Kyprianou (Danilo Spoljaric 45'), Grigoris Kastanos, Anderson Correia (Kostas Pileas 45'); Ioannis Pittas (Andronikos Kakoulis 60').

Spanyol: David Raya; Jesus Navas (Dani Carvajal 66'), Robin Le Normand (David García 45'), Pau Torres, Alejandro Grimaldo; Gavi, Martin Zubimendi, Mikel Merino (Aleix García 45'); Lamine Yamal (Ferran Torres 73'), Joselu, Mikel Oyarzabal (Rodrigo Riquelme 40').





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Siprus Vs Spanyol: La Furia Roja Menang 3-1"