Hagia Sophia

17 December 2023

Liga Inggris: Chelsea Kalahkan Sheffield United 2-0

Chelsea mengalahkan Sheffield United 2-0 di lanjutan Liga Inggris. (Foto: REUTERS/DAVID KLEIN)

Chelsea akhirnya bisa menang. The Blues tampil dominan untuk mengalahkan Sheffield United dengan skor 2-0 dalam lanjutan Liga Inggris.

Laga Chelsea vs Sheffield United berlangsung di Stamford Bridge pada Sabtu (16/12/2023). Si Biru mendekati pertandingan dengan tren buruk usai cuma sekali menang dalam lima laga terakhir, termasuk kalah di dua laga terakhir.

Menghadapi Sheffield, Chelsea menyerang sejak awal tapi kedua tim berimbang tanpa gol di sepanjang paruh pertama. Babak kedua menjadi kunci bagi si Biru setelah gol-gol Cole Palmer dan Nicolas Jackson menentukan kemenangan.

Dengan tiga poin tambahan, Chelsea naik ke peringkat 10 klasemen. Tim London Barat itu mengumpulkan 22 poin dari 17 laga, berjarak 12 poin dari Manchester City di empat besar. Sedangkan Sheffield United terkubur di dasar klasemen dengan delapan poin.

Jalannya Pertandingan

Chelsea mendominasi penguasaan bola. Meski demikian, Chelsea kesulitan di sepertiga akhir untuk menciptakan peluang bersih.

Mykhailo Mudryk berakselerasi di sayap kiri dengan melewati beberapa pemain lawan. Namun, Mudryk memilih melepaskan sepakan dari jauh tapi bola gagal mengarah ke sasaran.

Peluang bagus pertama justru datang dari Sheffield. Di menit ke-24, Cameron Archer menguasai bola di sisi kiri lalu melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti. Bola melenceng dari sudut atas gawang Chelsea.

Serangan berbahaya Chelsea patah di kotak penalti. Umpan terobosan Conor Gallagher menemui Cole Palmer di tepi kotak penalti. Namun, sentuhan Palmer dicegat Jayden Bogle di waktu yang tepat.

Wesley Foderingham melakukan penyelamatan bagus. Foderingham buru-buru keluar dari sarangnya untuk menyapu bola saat Nicolas Jackson dalam situasi bebas di depan.

Jelang turun minum, Jackson menciptakan peluang bagus. Jackson melakukan sprint lalu melewati dua bek Sheffield sebelum melepaskan dari tepi kotak penalti. Meskipun tendangan Jackson masih melebar dari tiang gawang.

Kebuntuan Chelsea pecah setelah turun minum. Cole Palmer melahirkan gol pembuka di menit ke-54.

Raheem Sterling menusuk ke sisi kanan kotak penalti, lalu mengirim umpan mendatar. Palmer dengan cepat menyambar bola dari depan gawang untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Chelsea hanya butuh tujuh menit untuk memperbesar keunggulan 2-0. Umpan silang Palmer dari sisi kanan menciptakan kemelut di depan gawang Sheffield.

Sontekan Sterling dihalau Foderingham, Palmer meneruskan bola rebound dengan crossing lain. Jackson yang berdiri bebas di dekat tiang jauh dengan mudah menceploskan bola ke sudut bawah gawang Sheffield.

Pada 10 menit terakhir, Armando Broja membuang sebuah peluang emas. Cole Palmer mengirim umpan silang mendatar dari sisi kanan kotak penalti, penyelesaian Broja yang berdiri di depan gawang malah melambung.

Chelsea kemudian mendapatkan tendangan bebas. Palmer melepaskan sepakan langsung yang dihalau Foderingham di sudut bawah gawang. Bola rebound dicecar Nicolas Jackson, tapi sontekannya bisa dimentahkan si kiper.

Susunan Pemain

Chelsea: Djordje Petrovic, Thiago Silva, Alex Disasi, Badiashile, Colwill, Gallagher, Mudryk (Enzo Fernandez 69'), Palmer (Maatsen 90+4'), Caicedo, Sterling (Broja 75'), Jackson (Gusto 90+4')

Sheffield United: Foderingham, Lowe, Ahmedhodzic, Trusty, Bogle, Hamer (Slimane 80'), Vinicius Souza, McAtee, Brooks, McBurnie (Norwood 67'), Archer



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Chelsea Vs Sheffield United: The Blues Kalahkan The Blades 2-0"