Hagia Sophia

17 December 2023

Kisah Wanita Kalideres Melahirkan Bayi Kembar Prematur Karena Idap Darah Tinggi

Wanita asal Kalideres melahirkan secara prematur gegara hipertensi. (Foto: Suci Risanti Rahmadania/detikhealth)

Seorang ibu bernama Dahlia asal Kalideres, Jakarta Barat, membagikan kisahnya yang melahirkan anak kembar tetapi prematur. Kondisi tersebut dialaminya karena memiliki riwayat darah tinggi atau hipertensi.

Awalnya, wanita berusia 30 tahun itu ingin menjalani USG di salah satu rumah sakit Kalideres. Namun pada saat itu, ia mendadak mengalami perdarahan hebat. Walhasil langsung dirujuk ke Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB).

"Saya niatnya mau USG, tau taunya perdarahan dan punya darah tinggi dan langsung sesar di RSAB. Kembar, lahir 7 bulan anak ke-3 dan 4. Anaknya sepasang cewek dan cowok," ucapnya saat ditemui di RSAB, Jakarta Barat, Jumat (15/12/2023).

Karena kondisinya itu, Dahlia terpaksa melahirkan kedua anaknya yang kembar pada 28 November 2023 di usia kehamilannya yang ke 7 bulan. Pada saat itu, bayinya yang laki-laki terlahir memiliki berat 1,8 kg, sementara bayinya yang perempuan memiliki berat 880 gram.

Kedua bayinya terpaksa menjalani perawatan intensif diinkubator lantaran terlahir prematur. Sebagai informasi, bayi prematur adalah bayi yang dilahirkan sebelum usia 37 minggu.

"Saat ini hari ini anak saya yang cowok pulang jam 4. Satu lagi masih di sini, beratnya masih 880 gram masih dan belim naik-naik," sambungnya lagi.

"Masih menyusui (ASI) karena kan jauh, beberapa kali aja ke sini. Seminggu tiga kali," tuturnya.

Meski merasa sedih lantaran kedua anaknya harus dirawat, Dahlia bersyukur lantaran proses administrasi yang dilakulan berjalan lancar. Kondisinya bahkan juga dicover oleh BPJS Kesehatan maupun asuransi dari tempat kerjanya.

Ia juga berharap agar cepat bisa berkumpul bersama kedua anaknya setelah menjalani perawatan intensif di RSAB.

"Dibantu alhamdulilah, UGD juga, dokternya enak susternya juga. Dirujuk dari kalideres langsung ke rsab. Mau USG tapi nggak bisa karena darah tinggi dan perdarahan," imbuhnya.

"Biayanya dicover BPJS dan perusahaan. Semuanya di full cover," sambungnya lagi.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Warga Kalideres Lahirkan Bayi Kembar Prematur gegara Idap Hipertensi"