Hagia Sophia

17 December 2023

Liga Inggris: Man City Ditahan Crystal Palace 2-2

Foto: Getty Images/Michael Regan

Manchester City tertahan 2-2 oleh Crystal Palace meski sempat unggul dua gol lebih dulu. Penalti Michael Olise di menit akhir buyarkan kemenangan The Citizens.

Manchester City menjamu Crystal Palace di Etihad Stadium pada laga lanjutan Liga Inggris, Sabtu (16/12/2023). Man City unggul 1-0 di babak pertama lewat gol Jack Grealish di menit ke-23.

Selepas jeda, mereka menggandakan keunggulan dari gol Rico Lewis di menit ke-54. Unggul dua gol, Man City lengah.

Palace bisa mencuri gol di menit ke-76 lewat Jean-Philippe Mateta. Pada menit akhir laga, Palace mendapat hadiah penalti.

Michael Olise menuntaskan hadiah penalti ini menjadi gol di menit ke-90+5. Skor 2-2 mengakhiri laga.

Hasil imbang ini membuat Man City tertahan di peringkat keempat dengan 34 poin. Sementara, Palace berada di peringkat ke-15 dengan 17 poin.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang di awal laga. The Citizens membuka ancaman di menit ke-5 lewat sundulan Julian Alvarez. Namun, tandukannya masih bisa ditepis oleh Dean Henderson.

Beberapa saat kemudian, Rodri mencoba mengancam lewat sepakan jarak jauh. Upaya tapi juga belum menemui sasaran.

Rodri kembali punya kesempatan di menit ke-15. Ia bisa menyambar umpan tarik dari Rico Lewis di sisi kanan.

Tembakannya mengenai bek Palace hingga berbebelok arah. Gol belum juga tercipta karena bola masih melebar tipis.

Man City terus mengurung lini pertahanan Palace. Gempuran pasukan Pep Guardiola akhirnya berbuah hasil pada menit ke-23.

Gol!!! Menerima sodoran bola dari Phil Foden, Jack Grealish langsung melepas sepakan mendatar. Bola bersarang ke kiri gawang Henderson.

Pada menit ke-28, Josko Gvardiol hampir menggandakan keunggulan Man City. Ia muncul secara tiba-tiba di kotak penalti Palace. Sepakannya masih bisa dibendung Henderson.

Pasukan Pep Guardiola memegang penuh kendali laga menjelang akhir babak pertama. Phil Foden melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Tembakanya belum berbuah gol karena masih melebar.

Palace yang lebih banyak tertekan mencuri peluang dari tembakan bebas di tepi kotak penalti pada menit ke-44. Man City selamat dari kebobolan setelah eksekusi Michael Olise melambung tipis.

Tak ada gol lagi yang tercipta hingga turun minum. Man City unggul 1-0 di babak pertama.

Selepas jeda, Man City masih dominan. Mereka sempat mencetak gol lewat sepakan bebas Julian Alvarez di sisi kiri.

Namun gol ini dianulir VAR. Pasalnya, Rodri yang berada dalam posisi offside pergerakannya mengganggu Henderson.

Beberapa saat berselang, Man City bisa benar-benar mencetak gol keduanya di laga ini. Bola umpan Grealish yang dipotong bek Palace melahirkan bola liar di kotak penalti.

Gol!!! Bola mengarah ke Rico Lewis yang tak terawal. Ia lalu melepas sepakan keras yang menggetarkan jala The Eagles. Man City unggul 2-0 di menit ke-54.

Man City tak mengendurkan serangan meski sudah unggul dua gol, Bernardo Silva melepas sepakan keras dari tepi kotak penalti. Kali ini, Henderson secara luar biasa terbang menepis bola.

Gol!!! Palace yang tak banyak memegang bola justru bisa menipiskan ketinggalan di menit ke-76. Umpan Jeffrey Schlupp dari sisi kiri bisa disambar Jean-Philippe Mateta menjadi gol.

Gol ini menghadirkan asa untuk Palace. Mereka perlahan mulai bermain lebih berani dalam menyerang.

Tekanan Palace berbuah hadiah penalti di menit akhir. Foden yang berusaha menyapu bola justru mengenai kaki Mateta.

Gol!! Penalti Olise mengecoh Ederson pada menit ke-90+5. Skor 2-2 mengakhiri laga.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs Crystal Palace: The Citizens Tertahan 2-2"