Hagia Sophia

03 January 2024

Beberapa Minuman Penurun Kolesterol Ini Cocok Dikonsumsi di Pagi Hari

Foto: Getty Images/iStockphoto/Chaded2557

Kolesterol tinggi menjadi masalah kesehatan yang kerap dialami banyak orang. Tak hanya pada lansia, kelompok usia produktif juga bisa memiliki kadar kolesterol yang tinggi karena gaya hidup kurang sehat.

Kolesterol tinggi merupakan kondisi saat kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) dan trigliserida dalam tubuh melebihi batas normal. Kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi bisa memicu sejumlah komplikasi yang membahayakan kesehatan, seperti hipertensi, serangan jantung, hingga stroke.

Untuk mengatasinya, bisa dengan mengkonsumsi minuman penurun kolesterol saat sarapan. Tenang, ada beberapa rekomendasi minuman penurun kolesterol yang sangat aman dikonsumsi di pagi hari saat perut kosong.

Jus Tomat
Tomat kaya akan kandungan likopen yang dipercaya bisa meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kolesterol kolesterol jahat. Dikutip dari India.com, penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus bisa meningkatkan kandungan likopennya. Selain itu, jus tomat juga kaya akan serat penurun kolesterol dan niasin.

Teh Hijau
Teh hijau mengandung katekin dan antioksidan lain yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan berbahaya. Dikutip dari Medical News Today, sebuah studi mengaitkan konsumsi teh hijau yang lebih tinggi dengan kadar kolesterol jahat yang lebih rendah.

Menurut penelitian dalam ulasan tahun 2021, teh hitam juga disebut memiliki efek positif pada kadar kolesterol.

Smoothie Berry
Banyak jenis buah beri yang kaya akan antioksidan dan serat. Keduanya diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk mengkonsumsinya, bisa dengan mencampurkan beberapa jenis buah beri dengan yogurt dan dijus menjadi satu. Jenis buah beri yang bisa dipilih seperti stroberi, blueberry, blackberry, atau raspberry.

Susu Kedelai
Tak hanya sehat, ternyata kedelai adalah salah satu bahan makanan yang rendah lemak jenuh. Untuk menurunkan atau mengatur kadar kolesterol, bisa dengan mengkonsumsinya dalam bentuk susu kedelai.

Minuman Oat
Oat diketahui mengandung beta-glukan yang bisa bermanfaat saat bergabung dengan garam empedu di perut. Ini akan menghasilkan zat seperti gel yang bisa menghambat pencernaan kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol.

Campuran Jus Buah Bit dan Wortel
Campuran buah bit dan wortel ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh. Keduanya kaya akan antioksidan dan serat makanan, yang bisa mendukung kesehatan jantung. Selain itu, campuran jus ini juga berpotensi membantu mengelola kadar kolesterol dalam tubuh.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Minuman Penurun Kolesterol, Cocok Dikonsumsi saat Sarapan"