Hagia Sophia

06 February 2024

Cara Makan yang Bener Agar Panjang Umur Menurut Pakar Nutrisi Harvard

Foto: Shutterstock/

Ada banyak faktor yang menentukan umur seseorang, salah satunya adalah kebiasaan makan. Bukan tanpa alasan, pola makan tidak sehat sangat berkaitan dengan risiko penyakit yang meningkatkan kematian.

"Tentu saja umur panjang dipengaruhi oleh banyak faktor. Tetapi pola makan adalah salah satu faktor terpenting yang dapat memengaruhi risiko penyakit kronis, kematian, dan umur panjang," kata Dr Frank B Hu, profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan dikutip dari CNBC Make It.

Dr Hu membagikan pola makan yang tepat demi mencapai umur panjang dan hidup sehat di masa tua. Pertama adalah makan makanan utuh.

Artinya, makanan yang dikonsumsi sebisa mungkin tidak melalui proses pengolahan rumit atau ultra-proses. Dr Hu sangat merekomendasikan pola makan yang mirip dengan pola makan Mediterania, pola makan nabati yang sehat, atau pola makan Okinawa, yang semuanya kaya akan makanan utuh.

"Pola pola makan tersebut telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, beberapa jenis kanker, dan juga risiko demensia," ujarnya.

Selain itu jangan terlalu ketat dalam menerapkan pola makan atau diet. Identifikasi makanan yang benar-benar bisa dinikmati dan buat pola makan sehat sendiri.

"Itulah cara untuk benar-benar meningkatkan kenikmatan dan juga kepatuhan jangka panjang terhadap pola makan," tambahnya.

Terkait umur panjang, faktor gaya hidup seperti aktivitas fisik, pengelolaan stres, dan pola makan memang penting. Namun, ada komponen penting lain yang juga perlu dipertimbangkan, yaitu hubungan sosial.

Dr Hu melihat penggunaan waktu makan sebagai waktu berkumpul sebagai cara lain untuk memaksimalkan peluang seseorang untuk hidup lebih lama. Dengan memprioritaskan waktu makan sebagai momen berkumpul, seseorang dapat secara bersamaan menggabungkan dua perilaku yang terkait dengan umur panjang.

"Makan makanan sehat bersama-sama, tidak hanya menyehatkan tubuh kita, tapi juga menyehatkan jiwa kita," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pakar Nutrisi Harvard 'Spill' Cara Makan yang Tepat Biar Panjang Umur"