Hagia Sophia

06 February 2024

Kematian Petugas KPPS Tahun 2019 Terbanyak Disebabkan Oleh Ini

Ilustrasi Pemilu. (Foto: Rifkianto Nugroho)

Kementerian Kesehatan RI buka-bukaan soal pemicu tingginya jumlah petugas KPPS yang meninggal di Pemilu 2019. Tercatat saat itu, 894 orang meninggal dunia dan 5.175 petugas jatuh sakit. Jumlah tersebut tercatat selama periode pengambilan dan penghitungan suara.

Hal ini lantas menjadi perhatian semua pihak agar tidak terjadi kembali pada Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan 14 Februari mendatang.

Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes RI dr Nida Rohmawati, MPH menuturkan terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan tingginya angka kematian petugas KPPS selama Pemilu 2019. Salah satunya adalah format baru Pemilu yang menggabungkan pemilihan calon presiden dan pemilihan calon legislatif secara bersamaan.

dr Nida menuturkan format baru tersebut menyebabkan beban kerja yang begitu tinggi pada petugas KPPS. Ia juga mengakui antisipasi saat itu juga sedikit terlambat sehingga jumlah petugas yang mengalami masalah kesehatan menjadi tinggi.

Oleh karena itu, pihak Kemenkes saat ini juga ikut memperketat aturan untuk pendaftar anggota KPPS.

"Faktor risiko yang dianalisis dari penyelenggaraan pemilu lalu memang faktor usia. Jadi usia yang sudah lansia, kemudian kebiasaan merokok dan minum alkohol, itu menjadi hasil analisis, jam kerja di atas 20 jam pada saat itu," ucap dr Nida dalam program Kemencast oleh Kementerian Kesehatan RI, Senin (5/2/2024).

dr Nida menuturkan jenis komorbid yang menjadi perhatian meliputi diabetes, hipertensi, dan penyakit paru. Ia mengatakan bahkan pada Pemilu 2019, ada petugas KPPS yang bekerja dalam kondisi sakit. Kondisi ini tentu saja membahayakan dan tidak baik untuk petugas.

"Ada juga yang bertugas dalam kondisi sakit meningitis bahkan, meninggal karena meningitis terus juga ada juga karena ginjal," kata dr Nida.

"Itu sudah kita skrining saat ini, mereka-mereka yang punya komorbid tidak terseleksi kecuali kondisinya sudah terkontol," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Belajar dari Pemilu 2019, Kematian Petugas KPPS Terbanyak Dipicu Faktor Ini"