Hagia Sophia

11 April 2024

Agar Kolesterol Tidak Naik Saat Lebaran, Ini Saran Dokter Gizi

Ilustrasi kadar kolesterol tinggi (Foto: Thinkstock)

Sulit memang menahan godaan untuk membatasi makanan Lebaran, mulai dari kue-kue kering, ketupat opor, daging rendang, hingga minuman manis. Apabila ingin menyantapnya dalam porsi yang cukup, sebenarnya sah-sah saja dilakukan.

Namun, jangan sampai lupa diri hingga kalap. Bisa-bisa kadar kolesterol di dalam tubuh melonjak setelah Idul Fitri selesai.

Spesialis gizi, dr Gaga Irawan Nugraha, M Gizi, SpGK, mengatakan pada dasarnya sekitar 70 persen kolesterol diproduksi secara alami di dalam tubuh. Apabila mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi suatu makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

"Apa itu makanan yang mengandung kolesterol? Semua makanan yang berasal dari hewan, pasti semua ada kolesterolnya. Jadi nggak boleh dong makan daging, makan ayam, makan ikan? Boleh tapi dipilihlah bagian dari hewan tersebut yang kolesterolnya tidak terlalu tinggi, yang tinggi jangan," ucapnya saat berbincang dengan detikcom.

dr Gaga mengatakan makanan seperti aneka daging saat lebaran memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Selain daging, makanan seperti kulit kikil, kepala ikan, kepala udang, hingga kepala ayam juga mengandung kolesterol.

"Apa yang tinggi kolesterol? Jeroan jelas, kaya usus, babat, jantung, pokoknya jeroan termasuk lidah, saluran cerna itu (mengandung) kolesterol tinggi. Pasti akan tinggi setelah makan ini, jelas di dalam darahnya sudah banyak kolesterol, sudah gitu makan dari luar yg mengandung kolesterol. ya salah," ucapnya lagi.

"Terus makannya apa? Daging, tapi jangan jeroannya. Ayam juga jangan kulitnya. masih enak kok dietnya kaya gitu. Daging merah boleh? Boleh, nggak papa, yang nggak boleh itu adalah jeroannya. Hati sapi nggak boleh, daging sapi boleh. Hati ayam nggak boleh, daging ayam boleh. ikan juga sama. ikan itu daging ikannya aja," tuturnya lagi.

Serupa, dr Juwalita Surapsari, M Gizi, SpGK juga mengungkapkan seseorang boleh-boleh saja mengonsumsi makanan lebaran asalkan tak berlebihan dan tetap dibatasi. Adapun sejumlah makanan yang perlu dikurangi menurut dr Juwalita adalah makanan yang berlemak tinggi.

"Opor ayam, sambel goreng ati, rendang daging, sayur ketupat, es buah, kue-kue kering," imbuhnya saat dihubungi detikcom baru-baru ini.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Gizi Sarankan Kurangi Makanan Ini saat Lebaran Biar Kolesterol Nggak Nanjak"