Hagia Sophia

24 February 2023

Ada Robot yang Bisa 11 Bahasa di Pabrik Kiswah Ka'bah Arab Saudi

Pabrik Kiswah Ka'bah Pekerjakan Robot yang Bisa 11 Bahasa. Foto: gph.gov.sa

Pabrik kiswah Ka'bah di Arab Saudi kedatangan robot baru yang unik. Robot yang bisa berbicara 11 bahasa ini ditugasi menyambut tamu yang berunjung ke Kompleks Raja Abdulaziz untuk Ka'bah Suci Kiswah.

Dikutip dari Saudi Press Agency, Pengelola Dua Masjid Suci Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memperkenalkan robot ini sebagai pemandu di pabrik kiswah, kain hitam yang menutupi Ka'bah di Makkah. Untuk diketahui, lokasi pabrik kiswah berdekatan dengan Masjidil Haram di Makkah.

Uniknya, robot berwarna putih ini dipakaikan jubah khas Arab Saudi warna hitam disertai emblem keemasan. Dia bertugas mengenalkan berbagai layanan yang disediakan di Kompleks Raja Abdulaziz kepada pengunjung, dan dapat mengenali emosi dasar, wajah, dan berinteraksi suara dengan pengunjung melalui sentuhan dan gerakan tangan.

Spesifikasi robot ini antara lain berbobot 29 kg, baterai dengan masa pakai 8 jam (waktu pengisian baterai 8 jam), dan kecepatan berjalan 3 km/jam. Perangkat ini dapat dioperasikan tanpa henti selama terhubung ke listrik.

Robot tersebut bertujuan mempromosikan penggunaan teknologi yang mendukung Visi Saudi 2030. Kehadirannya melengkapi robot-robot sebelumnya diperkenalkan Pengelola Dua Masjid Suci, yaitu robot yang bertugas membersihkan ruangan dan robot yang membawa dan membagikan air zamzam.





















Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Pabrik Kiswah Ka'bah Pekerjakan Robot yang Bisa 11 Bahasa"