Hagia Sophia

24 February 2023

Proyek Arab Saudi yang Super Megah dan Mencengangkan

Foto: Newmurabba.com

Beberapa tahun belakangan, Kerajaan Arab Saudi gencar meluncurkan proyek megah. Tak hanya satu, ada beberapa megaproyek diumumkan dan akan dibangun.

Negara penghasil minyak Bumi terbesar di dunia ini getol mempromosikan energi ramah lingkungan dan mengembangkan ekonomi di luar pendapatan dari sektor minyak, termasuk pariwisata lewat berbagai proyek megahnya ini.

Setidaknya saat ini ada tiga proyek megah Arab Saudi yang sedang menarik perhatian, dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

Pembangunan The Line Neom. Foto: NEOM

1. Kota Canggih NEOM

Proyek NEOM diumumkan sejak 2017 dan masih dalam tahap pengembangan saat ini. Kota canggih bak di film fiksi ilmiah ini akan jadi pulau buatan terbesar di dunia dan ditargetkan sudah mulai bisa dihuni pada tahun 2024.

NEOM akan terdiri dari tiga bagian: The Line, Trojena, dan Oxagon. Kota canggih ini diharapkan bisa menciptakan 380 ribu lapangan kerja baru dan tambahan PDB sebesar SAR 180 miliar untuk Kerajaan Arab Saudi.

Setiap bagian dari kota metropolitan buatan ini masing-masing akan punya fungsi sebagai cagar alam, wisata musim dingin bersalju, dan kota terapung.

Kapal pesiar Pangeos Foto: Lazzarini Design

2. Kapal Pesiar 'Penyu' Raksasa

Arab Saudi akan membangun kapal pesiar terbesar di dunia senilai USD 5 miliar. Jika kalian membayangkan seberapa luas dan besarnya terayacht yang diberi nama Pangeos ini, kapal pesiar akan membentang sepanjang 550 meter dan memiliki lebar 610 meter.

Bentuknya unik, menyerupai penyu. Kapasitasnya mampu menampung 60 ribu orang. Saat selesai nanti, Pangeos akan menjadi bangunan terapung terbesar yang pernah ada.

Inovasi ini juga akan menghasilkan energi terbarukan dari pecahnya ombak di sayap kapal, dan memiliki atap yang dilapisi panel surya untuk membantu menggerakkannya.

Struktur yang sangat masif ini mencakup fitur lain seperti klub pantai, mal, apartemen, dan berbagai fasilitas modern yang membuatnya bak kota kecil terapung.

Mukaab kota kubus mirip Ka'bah Foto: Newmurabba.com

3. Mukaab 'Ka'bah Baru'

Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) mengumumkan megaproyek pembangunan kota modern berbentuk kubus bernama Mukaab pada 16 Februari 2023.

Mukaab akan dibangun oleh New Murabba Development Company yang akan dipimpin langsung oleh MBS dan bertujuan mengembangkan pusat kota modern terbesar di dunia di Riyadh.

Proyek ini akan menghadirkan museum, universitas teknologi dan desain, teater, dan 80 tempat hiburan, mencakup 104 ribu unit hunian, 9 ribu kamar hotel, 980 ribu meter persegi ruang ritel, dan lainnya.

Di bagian tengah akan ada 'Mukaab' yang diartikan sebagai kubus, yakni bangunan raksasa dengan panjang, lebar dan dalam 400 meter, diklaim dapat menampung 20 gedung sebesar Empire State di New York, Amerika Serikat.

Di media sosial, proyek ini menuai kritik. Ada yang mengaitkan proyek ini sebagai Ka'bah baru. "Membangun Ka'bah baru yang secara eksklusif ditujukan untuk kapitalisme agak terlalu sulit," kata reporter Intercept, Murtaza Hussain.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "3 Proyek Super Megah Arab Saudi yang Mencengangkan"