Hagia Sophia

24 February 2023

Meteor Ini Bisa Sembunyi dan Medadak Jatuh ke Bumi

Foto: ABC Australia

Beberapa tahun silam, ada asteroid terbesar yang menghantam Bumi dalam lebih dari satu abad. Akan tetapi saat itu, tidak ada yang melihat meteor Chelyabinsk datang. Bagaimana bisa, padahal teknologi antariksa sudah semakin canggih?

Seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, ketika asteroid itu menghujam Rusia barat pada Februari 2013, ia menghasilkan gelombang kejut sekuat 35 bom atom Hiroshima dan menyebabkan lebih dari 1.600 orang terluka.

Tapi kenapa tidak ada yang mendeteksi meteor selebar 19 meter itu, yang langsung menuju kita? Jawabannya, kata para ahli, adalah karena batu antariksa itu tersembunyi oleh silau sinar Matahari.

Lebih buruk lagi, kejadian itu bisa ada lagi, karena sejumlah batuan luar angkasa yang tak diketahui dapat menuju Bumi tanpa terdeteksi. "Asteroid seukuran meteor Chelyabinsk jatuh ke Bumi kira-kira tiap 50-100 tahun," kata Richard Moissl, kepala pertahanan planet European Space Agency.

"Cedera yang disebabkan olehnya dapat dicegah jika orang-orang diberitahu tentang dampak yang akan datang dan efek yang diperkirakan. Dengan peringatan dini, otoritas lokal akan dapat menasihati masyarakat untuk menjauh dari jendela dan kaca," tambahnya

Jadi bagaimana para astronom bisa melihat asteroid yang 'tak terlihat' ini, karena bersembunyi di bawah sinar Matahari? ESA akan meluncurkan observatorium NEOMIR (Near Earth Object Mission in the Infra-red) akhir dekade ini, sebagai sistem peringatan dini untuk mendeteksi dan memantau setiap asteroid yang datang ke Bumi dari arah Matahari. .

NEOMIR akan berlokasi di titik Lagrange 'L1' antara Bumi dan Matahari. Lantaran tak terganggu atmosfer Bumi, teleskop infra merahnya akan dapat melihat asteroid ukuran 20 meter dan lebih besar yang saat ini bersembunyi di bawah sinar Matahari.

"Misi NEOMIR ESA yang akan datang akan mendeteksi asteroid seperti Chelyabinsk yang berasal dari wilayah yang sama di langit seperti Matahari, mengisi celah vital dalam kemampuan kita saat ini untuk memprediksi dampak berbahaya," papar Richard.






















Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Seram, Asteroid Bisa Sembunyi dan Mendadak Hujam Bumi"