Hagia Sophia

24 February 2023

Liga Eropa: Tundukan Nates 3-0, Juventus Maju ke 16 Besar

Juventus kalahkan Nantes 3-0 dan lolos ke Babak 16 Besar Liga Europa (Juventus FC via Getty Images/Daniele Badolato - Juventus FC)

Juventus melangkah ke Babak 16 Besar liga Europa 2022/2023. Ini setelah Bianconeri menang 3-0 di markas Nantes.

Pada pertandingan Leg II Playoff Liga Europa yang dihelat di Stade de la Beaujoire, Jumat (24/2/2023) dini hari WIB, gol-gol Juventus diborong Dia Maria, dua di babak di babak pertama dan satu di babak kedua.

Juventus lolos ke 16 Besar Liga Europa dan tinggal menunggu salah satu dari tim besar Eropa, seperti Barcelona dan Manchester United yang bertanding beberapa saat lagi.

Jalannya Pertandingan

Juventus yang bermain agresif sejak menit awal sudah unggul 1-0 di menit kelima. Diawali kerja keras Nicolo Fagioli merebut bola di lini tengah dan diumpan pendek ke Di Maria.

Berada di depan kotak penalti, Di Maria menembak ke pojok atas gawang tanpa bisa dihalau Alban Lafont.

Gol pertama Angel Di Maria (Foto: Juventus FC via Getty Images/Daniele Badolato - Juventus FC)

Gol itu membuat Juventus tampil lebih lepas dan bisa menekan Nantes lebih intens. Di Maria yang jadi aktor di gol pertama kembali terlibat dalam hadirnya gol kedua Juventus di menit ke-17.

Di Maria melakukan aksi individu di kotak penalti Nantes dan menembak ke gawang dari sudut sempit yang bisa ditepis Alfont. Bola muntah malah mengenai tangan Nicolas Pallois.

Wasit tanpa ampun memberikan penalti dan mengusir Pallois dengan kartu merah. Di Maria sebagai eksekutor sukses menaklukkan Lafont untuk membuat skor jadi 2-0.

Penalti Angel Di Maria bikin Juventus memimpin 2-0 (Foto: AFP via Getty Images/SEBASTIEN SALOM-GOMIS)

Di Maria benar-benar merepotkan Nantes dan hampir menciptakan gol ketiga di menit ke-27, andaikan bola umpan silang yang ditanduk Adrien Rabiot tak melayang di atas mistar.

Juventus terus menekan dan kembali mendapat peluang di menit ke-37 lewat Manuel Locatelli yang menyepak bola, meski masih melebar.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum. Masuk di babak kedua, Juventus menurunkan tempo permainan tapi tetap tak memberikan ruang untuk Nantes mengembangkan permainan.

Di Maria dan Filip Kostic masih diandalkan di sisi sayap untuk bisa menambah gol. Pada menit ke-51, sepakan Di Maria dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Lafont.

Lafont juga membuat penyelamatan lagi di menit ke-66 saat umpan silang dari sisi kiri menemui Juan Cuadrado yang muncul dari belakang. Sepakan first time Cuadrado bisa ditepis Lanford.

Di Maria! Lafont tak bisa membendung gol ketiga Di Maria, yang sekaligus bikin Juventus memimpin 3-0 pada menit ke-78. Bola rebound tembakan Alex Sandro diambil Vlahovid, dan diakhiri sundulan Di Maria.

Hingga laga Nantes vs Juventus tuntas, skor 3-0 bertahan.

Susunan pemain

Nantes: Alban Lafont; Moses Simon, Jean-Charles Castelletto, Andrei Girotto, Nicolas Pallois, Fabien Centonze; Moussa Sissoko, Florent Mollet, Pedro Chirivella; Andy Delort, Ludovic Blas.

Juventus: Wojciech Szczesny; Alex Sandro, Bremer, Danilo, Mattia De Sciglio; Adrien Rabiot, Manuel Locatelli, Nicolo Fagioli; Angel Di Maria, Moise Kean, Filip Kostic.





















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Hasil Liga Europa: Singkirkan Nantes, Juventus ke 16 Besar"