Hagia Sophia

24 February 2023

Adakah Kaitan Antara KLB dan COVID-19? Ini Kata Wamenkes

Wamenkes ungkap alasan RI beberapa kali menetapkan penyakit sebagai KLB. Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth

Dalam kondisi kasus COVID-19 di Indonesia membaik, beberapa wilayah Indonesia menetapkan sejumlah jenis penyakit berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB). Beberapa waktu lalu, Aceh menetapkan penyakit Polio sebagai KLB. Hingga yang terbaru, Garut menetapkan penyakit difteri sebagai KLB difteri di Garut menyusul 7 kasus kematian. Apa sih alasannya?

Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan hal tersebut terjadi akibat penurunan vaksinasi atau imunisasi dasar yang terjadi di masyarakat saat pandemi COVID-19. Sebab, banyak masyarakat yang takut untuk melakukan vaksinasi di awal pandemi di fasilitas kesehatan.

Meskipun demikian, Dante menyebut hal itu sudah diatasi. Pihaknya, sudah mulai mendistribusikan kembali vaksin-vaksin imunisasi dasar di layanan kesehatan, seperti puskesmas maupun posyandu.

"Penetapan KLB sebenarnya beberapa KLB mungkin terjadi di beberapa tempat, di beberapa waktu yang lalu, dengan kondisi COVID kita mengalami penurunan potensi untuk melakukan vaksinasi atau imunisasi pada anak, pada awal-awal turun pada saat COVID," imbuh Dante dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2023 di Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2023).

Sebelumnya di Aceh, pada 10 November 2022, polio ditetapkan sebagai KLB muncul temuan satu kasus, dialami oleh anak berusia tujuh tahun. Pasien tersebut dilaporkan belum pernah menerima vaksinasi apapun. Kini anak tersebut berakhir lumpuh. Dilaporkan, pasien tersebut mulai mengalami gejala pada 6 November 2022 berupa demam dan kelemahan alat gerak.

Berlanjut di 18 Oktober 2022, pasien tersebut melakukan pemeriksaan lanjutan di laboratorium. Dari sana ditemukan, pasien tersebut hasil positif terpapar polio.

Kemudian baru-baru ini, Kabupaten garut menetapkan status KLB atas wabah difteri yang diatur melalui Surat Keputusan Bupati Nomor 100.3.3.2/KEP.91-DINKES/2023. Status tersebut ditetapkan setelah tujuh warga di Desa Sukahurip, Garut, meninggal dunia diduga terjangkit virus tersebut.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wamenkes Ungkap Alasan RI Banyak Tetapkan KLB Penyakit, Ada Kaitan dengan COVID?"