Hagia Sophia

13 March 2023

Istri Moeldoko Meninggal Dunia Diduga Karena Kanker

Istri Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Koesni Harningsih meninggal dunia pada Minggu (13/3). Sebelum meninggal, ia diketahui punya riwayat sakit kanker. (Foto: ANTARA FOTO/Fauzan)

Istri Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Koesni Harningsih meninggal dunia pada Minggu (13/3/2023) di RSPAD Gatot Soebroto. Ucapan belasungkawa mengalir dari sejumlah tokoh, termasuk para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Telah berpulang ke Rahmatullah Ibu Hj. Koesni Harningsih (Istri dari Bapak H. Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan RI) pada pukul 04.49 WIB di RSPAD," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ade Irfan Pulungan, Minggu (12/3/2023).

Sebelum meninggal, ia dikabarkan memiliki riwayat sakit kanker. Adapun hal ini diketahui dari pernyataan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Ia bercerita, salah satu adik kandungnya sempat menjenguk Koesni yang telah menjalani pengobatan kanker di Singapura.

Meskipun Suharso tak menyebutkan secara langsung jenis kanker yang diidap oleh Koesni, namun ia menyinggung agar para ibu-ibu dan wanita-wanita di Indonesia untuk rajin melakukan deteksi dini kanker payudara.

"Kami dekat sekali oleh karena itu terakhir adik saya masih menengok almarhumah di Singapura mudah-mudahan beliau sudah berjalan dengan baik. Saya juga ingin mengingatkan kepada seluruh ibu-ibu dan perempuan-perempuan Indonesia untuk rajin melakukan uji mamografi karena itu penting sekali untuk mencegah secara dini kanker payudara," tuturnya ditemui di Rumah Duka di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dikutip dari detikNews.

Tentang Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang terbentuk di payudara. Ini dapat terjadi akibat dari pertumbuhan sel-sel yang tidak normal dan tidak terkontrol (sel kanker) di dalam payudara.

Sel-sel tersebut membelah diri lebih cepat dari sel normal dan berakumulasi, kemudian membentuk benjolan atau massa. Pada stadium yang lebih parah, sel-sel abnormal ini dapat menyebar melalui kelenjar getah bening ke organ tubuh lainnya.

Dikutip dari Cleveland Clinic, kanker payudara umumnya lebih rentan dialami oleh wanita. Meskipun demikian, pria juga bisa mengalaminya.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Istri Moeldoko Meninggal Dunia, Punya Riwayat Sakit Kanker"