Hagia Sophia

13 March 2023

Untuk Atasi Trauma, Pangeran Harry Konsumsi Obat Kecemasan

Pangeran Harry curhat minum obat kecemasan untuk mengatasi trauma. (Foto: dok. Getty Images)

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan hal yang mengganggu kesehatan mental seseorang, mulai dari olahraga dan terapi khusus. Tidak jarang juga orang yang bergantung pada obat-obatan tertentu untuk meredakan perasaan cemas yang mereka rasakan. Hal ini juga yang dilakukan oleh Pangeran Harry dalam menghadapi trauma masa lalunya.

Belum lama ini, dalam sebuah wawancara bersama ahli trauma Gabor Maté, Pangeran Harry mengungkap bahwa dirinya mendapat bantuan dari obat psikedelik untuk membantunya bisa menghadapi trauma-trauma yang ada di masa lampau.

"Itu mendatangkan rasa relaks, tenang, nyaman, dan keringanan yang mampu saya tahan dalam suatu periode waktu tertentu," ujarnya, dikutip dari Healthline.

"Saya bisa bilang bahwa ini adalah salah satu bagian fundamental dari hidup saya yang mengubah saya dan membantu saya menghadapi trauma dan rasa sakit dari masa lalu," lanjutnya.

Obat psikedelik adalah sejenis narkotika yang dapat mengubah kinerja otak dan membantu mengendalikan suasana hati, emosi, pikiran, ingatan, penglihatan, hingga perilaku seseorang.

Sebuah penelitian menunjukkan potensi manfaat dari obat psikedelik terhadap kesehatan mental. Uji coba pada 2014 dan 2016 menunjukkan bahwa obat jenis psilocybin dan LSD mampu meningkatkan mood dan meredakan kecemasan seseorang dengan penyakit kronis dalam jangka waktu satu tahun setelah perawatan.

Dalam sebuah survei internasional yang dirilis dalam Psychopharmacology pada 2020, 44% responden mengatakan bahwa obat psikedelik dalam dosis kecil dapat meningkatkan kesehatan mental mereka.

Namun, menurut Richard Jones, seorang psikoterapis dari The Psychedelic Society, penggunaan obat psikedelik membutuhkan sesi konsultasi psikoterapi untuk memastikan keamanannya.

Hal ini juga perlu dipertimbangkan karena obat ini tergolong sebagai narkotika yang berisiko tinggi untuk disalahgunakan dan menyebabkan ketergantungan bagi penggunanya.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pangeran Harry Buka-bukaan Minum Obat Kecemasan untuk Atasi Trauma"