Hagia Sophia

13 March 2023

Setelah 5 Bulan di Angkasa, 4 Astronaut Kembali Mudik ke Bumi

Ilustrasi kepulangan empat astronaut Crew-5 ke Bumi. Foto: NASA

Empat astronaut yang melakukan mudik dari antariksa menuju kampung halaman di Bumi, sampai dengan selamat pada Sabtu malam (11/3) waktu setempat. Mereka pulang menggunakan kapsul Dragon milik SpaceX.

Adalah dua astronaut NASA Josh Cassada dan Nicole Man, Koichi Wakata dari JAXA, dan satu lagi kosmonot Rusia Anna Kikina, berhasil mendarat dengan selamat di lepas Teluk Meksiko.

"Terima kasih SpaceX, itu sangat menyenangkan," ucap Mann sesaat setelah mendarat kembali di Bumi lewat radio ke tim kontrol misi SpaceX sebagaimana dikutip dari Space, Minggu (12/3/2023).

Mann mengungkapkan kerinduannya suasana di Bumi, seperti merasakan angin menerpa wajahnya, mencium bau rumput segar, hingga menikmati makanan Bumi yang menurutnya lezat.

"Kami senang berada di rumah," ujar Mann menambahkan.

Wakata pun demikian, ia kangen makan sushi yang ia sering lakukan dulu sebelum bertugas dan 'berpuasa' sushi selama menjalankan misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Begitu pula Kikina mendambakan hal sederhana berupa minum teh panas yang diminum langsung dari segelas cangkir.

"Dari cangkir asli, bukan dari kantong plastik," imbuhnya.

Keempat penjelajah antariksa itu tergabung dalam tim Crew-5 dan telah menjalani tugas selama lima bulan di ISS. Mereka menghabiskan bulan terakhir untuk melakukan eksperimen penelitian dan turut pemeliharaan laboratorium.























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "4 Astronaut Mudik ke Bumi Usai 5 Bulan Merantau di Antariksa"