Hagia Sophia

14 April 2023

Agar Tidak Lemas Saat Puasa, Ini Tips Pola Makan Sahur dari Ahli Gizi

Ilustrasi lemas saat puasa. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Sudah menjadi kebiasaan umat Muslim untuk berpuasa selama sebulan penuh dibulan Ramadan. Untuk menjalankan puasa dengan baik, sahur merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. Bahkan sahur juga memberikan energi dan nutrisi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan menghindari lapar yang berlebihan saat berpuasa. Namun, tidak semua orang tahu cara sahur yang benar.

Ahli gizi, Mifta Novikasari, SP, MKM, mengungkapkan agar ibadah puasa berjalan dengan baik dan memiliki manfaat, penting untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi saat sahur dengan makanan yang bergizi dan sehat.

"Sayangnya, di bulan Ramadan masih banyak yang belum memperhatikan konsumsi gizi seimbang. Makanan manis perlu diwaspadai karena tinggi kalori, tinggi gula, tinggi lemak dan rendah serat. Apalagi, kita lagi puasa itu rentan BAB nya keras karena biasanya asupan minum agak berkurang," kata Mifta Novikasari, SP, MKM ketika ditemui detikcom di kawasan Jakarta pada Senin (10/4/2023).

Mifta menjelaskan, mengonsumsi makan sahur harus dengan bergizi dan seimbang. Adapun menu makanan tersebut harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

Menurutnya, menu sahur harus dengan karbohidrat kompleks karena makanan dapat dicerna lebih lama, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama pula. Tak hanya itu, sayuran dan buah juga penting dalam menu sahur agar tubuh mendapatkan serat tinggi.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih sebanyak dua gelas atau lebih di waktu sahur untuk memenuhi cairan tubuh agar pencernaan dapat berjalan dengan baik.

"Penting diingat untuk tidak melewatkan makan sahur karena kalau misalnya kita nggak makan sahur, ini kurang baik untuk kesehatan tubuh karena tubuh rentan terinfeksi dengan penyakit," tambahnya.

Mifta menambahkan, jika seseorang melewatkan makan sahur, justru tubuhnya menjadi lebih lemas saat melakukan aktivitas khususnya di siang hari. Selain itu, gula darah menjadi turun, metabolisme tubuh melambat, dan terkena infeksi penyakit.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ahli Gizi Bagikan Pola Makan Sahur yang Benar Agar Tak Lemas Saat Puasa"