Hagia Sophia

14 April 2023

Sejumlah Anak di DKI Alami Lumpuh Layu Akut, Apakah Terkait Polio?

Kemenkes RI melaporkan ada 42 anak di DKI Jakarta yang mengalami acute flaccid paralysis (AFP) atau lumpuh layu akut.(Foto: Hana Nushratu/detikHealth)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) melaporkan kasus acute flaccid paralysis (AFP) atau lumpuh layu akut pada anak di DKI Jakarta. Hal ini menyusul informasi dari Dinas Kesehatan DKI yang melaporkan adanya kasus AFP.

Berdasarkan data Kemenkes, ada sebanyak 42 kasus anak mengalami lumpuh layu akut. Hal ini penting diwaspadai lantaran AFP masuk dalam status dugaan penyakit polio.

Meskipun demikian, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut dari 42 kasus, sebanyak 20 anak dinyatakan negatif Polio. Sementara sisanya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

"Dari 42 sampel, 20 bukan polio dan 22 masih menunggu hasil," ucapnya saat dihubungi detikcom, Rabu (13/4/2023).

Dari total tersebut, sebanyak 60 persen didominasi oleh anak berusia satu sampai empat tahun. Sementara untuk anak usia 10 sampai 14 tahun tercatat 15 persen ditemukan dari total kasus tersebut.

"Kasus AFP berdasarkan kelompok usia tahun 2023, 60 persen pada usia 1-4 tahun, 10 -14 tahun ada 15 persen, umur 5 sampai 9 tahun ada 15 persen, dan kurang dari 1 tahun ada 10 persen," jelas dr Nadia.

AFP atau lumpuh layu akut adalah sindrom dengan kelemahan otot yang berkembang cepat, bermanifestasi sebagai kelemahan otot, dan refleks menurun atau bahkan menghilang.

Adapun kondisi ini kerap kali disalahartikan oleh masyarakat. Banyak yang mengira seorang anak yang mengidap kondisi ini sudah pasti positif polio, padahal hal tersebut tak demikian adanya.

Untuk membuktikan anak dengan AFP positif polio atau tidak yakni perlu menjalani sejumlah tes, seperti tes feses di laboratorium.

"Ini surveilans AFP yang artinya berjalan baik untuk kita mencegah terjadinya KLB polio dengan deteksi cepat. Yang gejala AFP segera diperiksa fesesnya untuk cek polio atau tidak," imbuhnya lagi.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kemenkes Laporkan 42 Anak di DKI Alami Lumpuh Layu Akut, Terkait Polio?"