Hagia Sophia

27 April 2023

Kronologi Dokter Dianiaya Pasien Gegara Obat di Lampung

Viral dokter di Lampung dianiaya pasien. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrei Vasilev)

Viral sebuah video di media sosial yang memperlihatkan dokter diserang pasien. Kejadian tersebut diketahui terjadi di Puskesmas Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Lampung Barat.

Kasatreskrim Polres Lampung Barat Iptu Juherdi beberapa waktu lalu mengkonfirmasi insiden tersebut. Awal mula cekcok terjadi ketika pasien datang ke puskesmas dan memiliki keluhan nyeri di ulu hati.

Dokter lantas memberikan obat sesuai dengan keluhan pasien. Namun pasien yang bersangkutan masih merasakan sakit setelah mengonsumsi obat.

"Korban juga menjelaskan jika sudah tidak kuat menahan rasa sakitnya bisa ke IGD rumah sakit terdekat yaitu mengingat pihaknya sudah memberikan obat sesuai keluhan pasien," kata Juherdi, Selasa (25/4/2023).

Kronologi Penganiayaan Dokter di Lampung

Insiden penganiayaan tersebut terjadi pada Senin, 24 April 2023. Saat itu pasien yang juga menjadi pelaku, HW datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri di ulu hati.

Berdasarkan keluhan tersebut, dokter yang jaga lantas memberikan obat sesuai dengan SOP. Ketika memberikan obat, dokter menjelaskan bahwa pasien masih berada dalam fase observasi. Oleh karena itu, pasien harus menunggu efek obatnya bekerja.

Adapun lebih lanjut dokter yang berjaga juga sudah mengimbau pada pasien untuk bisa segera IGD rumah sakit terdekat bila tidak kuat menahan rasa sakitnya. Ketika dijelaskan, pelaku lainnya berinisial MH tidak puas dengan penjelasan yang disampaikan oleh dokter.

Secara spontan MH langsung menyeret, mencekik, hingga membanting sang dokter ke lantai. Aksi tersebut pun juga dibantu oleh HW.

Berkaitan dengan kasus itu, pihak Kementerian Kesehatan akan memberikan pendampingan pada dokter yang diketahui sedang melakukan magang tersebut. Kemenkes juga akan melakukan evaluasi perihal penempatan dokter internsip di Provinsi Lampung untuk memastikan kepala daerah dapat lebih menjamin keamanan dokter.

"Dalam memberikan keterangan ke kepolisian, dua dokter ini akan kita dampingi. Kemenkes juga akan mengawal proses hukum terkait kasus ini. Untuk keamanan, kedua dokter ini sementara akan ditempatkan di RSUD setempat yang memiliki keamanan yang lebih baik," kata Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes, drg Arianti Anaya dalam keterangan resmi yang diterima detikcom (25/4/2023).

"Kami meminta seluruh kepala daerah di Indonesia agar memberikan perlindungan bagi dokter dan dokter gigi yang saat ini sedang melakukan program magang di daerah mereka agar kejadian di Lampung Barat ini tidak lagi terjadi di tempat lain," tutup Arianti.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Awal Mula Dokter di Lampung Dicekik-Diseret Pasien Imbas Perkara Obat"