Hagia Sophia

27 April 2023

Liga Inggris: West Ham Kalah dari Liverpool 1-2

Liverpool menang 2-1 di kandang West Ham United berkat gol Joel Matip (PA Images via Getty Images/Simon Marper - PA Images)

Liverpool melakoni laga ketat di markas West Ham United. Tertinggal duluan, The Reds menang 2-1 berkat gol Joel Matip.

Pada pertandingan di London Olympic Stadium, Kamis (27/4/2023) dini hari WIB, West Ham unggul duluan di menit ke-13 lewat Lucas Paqueta sebelum disamakan Cody Gakpo lima menit berselang.

Matip membuat gol penentu tiga poin Liverpool pada menit ke-66. Kemenangan ini membawa Liverpool naik ke posisi keenam klasemen Liga Inggris dengan 53 poin dari 32 laga, selisih enam angka dari Manchester United di urutan keempat yang baru bermain 30 kali.

Jalannya laga

Liverpool mencoba mengambil inisiatif serangan. Pada menit ketujuh, Liverpool mendapat dua peluang beruntun dari Mohamed Salah dan Cody Gakpo, tapi semuanya bisa diblok bek West Ham Nayed Aguerd yang cuma berujung korner.

West Ham memimpin duluan pada menit ke-12 lewat Lucas Paqueta. Paqueta menyerbu dari sisi kiri dan memainkan umpan satu-dua dengan Michail Antonio, sebelum menembak di depan kotak penalti yang bersarang di pojok gawang.

Lucas Paqueta membawa West Ham memimpin 1-0 (Foto: Getty Images)

Liverpool coba membalas pada menit ke-16 ketika Andrew Robertson melihat Lukasz Fabianski keluar dari sarangnya. Robertson melambungkan bola dari jarak 40 yard yan memaksa Fabianski susah payah menepisnya.

Gol yang ditunggu Liverpool datang juga di menit ke-18 untuk membuat skor 1-1. Trent Alexander-Arnold memenangi duel bola di sepertiga akhir dan memberikannya kepada Gakpo, yang langsung menembak dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang.

Peluang emas didapat Diogo Jota pada menit ke-27 saat tinggal berhadapan dengan Fabianski, meski bola tembakannya melayang.

Virgil van Dijk juga punya kans membuat Liverpool unggul pada menit ke-36 tapi tandukannya meneruskan korner Robertson masih menyamping.

Dua menit kemudian giliran Jota lagi yang berhasil menembus kotak penalti, usai menerima umpan tumit Jordan Henderson. Eksekusi Jota kurang akurat karena bola melayang.

Antonio juga berpeluang membawa West Ham memimpin lagi andaikan sepakannya di menit ke-41 tidak melebar, meski dalam posisi bebas.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

West Ham langsung menekan Liverpool memasuki babak kedua dan memaksa lini belakang tim tamu melakukan kesalahan. Salah satunya di menit ke-55 ketika Van Dijk gagal menjaga pergerakan Jarrod Bowen yang masuk ke kotak penalti.

Umpan Lucas Paqueta diteruskan Bowen lewat sepakan terukur ke gawang Alisson. Beruntun bagis Liverpool, VAR menganulir gol itu karena Bowen terjebak offside.

Memasuki menit ke-58, Liverpool punya kans lewat Trent yang melepaskan sepakan voli meski masih melebar dari sasaran.

Guna menambah tajam lini serang, Liverpool menurunkan Luis Diaz dan Thiago Alcantara di sisa 30 menit pertandingan.

Matip hampir bikin gol pada menit ke-65 saat Liverpool mendapat sepak pojok. Bola pertama gagal digapai Matip, tapi rebound disambar dari jarak dekat yang bisa ditepis Fabianski.

Dari situ lahir sepak pojok yang membuat Liverpool berbalik unggul 2-1. Kali ini Matip tidak menyia-nyiakan bola korner Robertson disundul ke pojok atas gawang Fabianski.

Sundulan Joel Matip memastikan kemenangan 2-1 Liverpool (Foto: Getty Images)

Liverpool nyaris kebobolan pada menit ke-73 ketika umpan terobosan Bowen menemui Danny Ings yang bebas masuk ke pertahanan. Alisson dengan sigap keluar dari sarangnya untuk membuang bola itu.

Cornet punya peluang di menit ke-79 saat menusuk dari sisi kiri. Dikawal dua bek Liverpool, sepakan Cornett melayang di atas mistar.

Liverpool coba meredam agresivitas West Ham di 10 menit akhir laga dan lebih banyak memainkan bola. West Ham meminta penalti pada menit ke-88 saat sepakan Ings membentur tangan Thiago.

Wasit Chris Kavanagh tidak menggubris protes keras West Ham, termasuk dari manajer David Moyes. Hingga laga West Ham vs Liverpool tuntas, skor 2-1 untuk kemenangan tim tamu bertahan.

Susunan pemain

West Ham: Lukasz Fabianski; Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Nayed Aguerd, Aaron Cresswell; Tomas Soucek, Declan Rice, Lucas Paqueta; Jarrod Bowen, Michail Antonio (Danny Ings 70'), Said Benrahma (Maxwell Cornet 70').

Liverpool: Alisson, Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson (Thiago 59'), Fabinho, Curtis Jones (James Milner 84'); Mohamed Salah, Cody Gakpo (Darwin Nunez 78'), Diogo Jota (Luis Diaz 59').





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "West Ham Vs Liverpool: Gol Matip Menangkan The Reds"