Hagia Sophia

27 April 2023

Usai Operasi Bariatik, Melly Goeslaw Hanya Bisa Makan 1 Sendok Nasi

Melly Goeslaw menjalani operasi bariatrik. (Foto: Instagram/@melly_goeslaw)

Penampilan musisi Melly Goeslaw kini lebih langsing setelah menjalani operasi bariatrik atau bypass usus. Berkat operasi tersebut, Melly berhasil memangkas berat badannya secara drastis.

"Aku pernah 100 kg dan sekarang 52-53," ujar Melly dikutip dari Youtube Melaney Ricardo, Selasa (25/4/2023).

Kini, pelantun 'Tak Tahan Lagi' ini hidup dengan lambung yang tersisa 15 persen. Selain itu, ia juga sering mengalami sendawa efek dari operasi tersebut.

"Dari 100 persen dipotong 85 persen, sisanya 15 persen," kata Melly dikutip dari YouTube Melaney Ricardo, Rabu (26/4/2023).

"Nggak pilih-pilih, memang semua bariatrik dipotongnya segitu, (jadi) sendawa mulu, nggak bisa tuh fine dining," katanya lagi.

Pada bulan Ramadan lalu, Melly juga mengaku langsung kenyang setelah mengonsumsi satu sendok makan nasi saat sahur. Melaney sempat mengira satu sendok nasi yang dimaksud adalah centong nasi.

Bahkan, Melly menghabiskan satu sendok makan nasi tersebut dengan penuh perjuangan. Ia harus mengunyahnya secara perlahan.

"Kalau gue makan (sekaligus) udah, kenyang," kata Melly.

Meski demikian, penyanyi berusia 49 tahun ini masih berkeinginan untuk makan banyak. Ia memiliki caranya sendiri untuk mengatasi keinginannya tersebut.

"Kalau lihat aplikasi makanan di handphone tetap gue beli, tapi ya makannya dikit aja. Cuma gue nggak mau tersiksa, apa saja yang gue mau, gue makan," sambungnya.

Kurus Lewat Operasi Bariatrik

Ditemui detikcom beberapa waktu lalu, Melly mengungkapkan dirinya menjalani bariatrik sleeve gastrectomy pada pertengahan 2022 silam. Operasi tersebut memotong lambung sekitar kurang lebih 85 persen sehingga ukuran lambung menjadi lebih kecil.

Asupan makanan Melly jauh lebih sedikit dibandingkan sebelum operasi. Imbasnya, ia berhasil memangkas berat badan hingga 23 kilogram dalam waktu kurang dari 4 bulan.

"Akhirnya berat sudah turun dari 87 ke 64, berarti 23 kilogram dalam waktu 3 bulan lebih. Puas banget," ucap Melly, ditemui di Grand Hyatt Jakarta Pusat, Jumat (11/11).

Alasan Melly menjalani operasi tersebut lantaran dietnya selalu gagal selama 22 tahun. Selain itu, operasi bariatrik juga mampu mengontrol kadar gula darahnya. Saat itu, Melly sempat didiagnosis mengalami diabetes.

"Waktu sebelum operasi ada pemeriksaan, di situ aku ketahuan ternyata aku diabet, setelah bariatrik diabetnya bagus. Waktu itu gulanya 250 sekarang 99," pungkasnya.

Di samping itu, kini gaya hidup Melly juga lebih sehat pascaoperasi bariatrik. Misalnya, ia bisa berhenti merokok dan begadang.

Perbedaan Sedot Lemak dan Operasi Bariatrik

Dokter spesialis bedah subspesialis bedah digestif yang sempat menangani Melly, Dr dr Peter Ian Limas, SpBSubBDig menyebut operasi bariatrik berbeda dengan tindakan sedot lemak. dr Peter menuturkan, operasi bariatrik tidak menjurus ke tujuan kosmetik.

Menurutnya, operasi bariatrik adalah modifikasi saluran cerna sehingga berat badan bisa menurun dan komorbiditas bisa teratasi.

Caranya pun tak instan layaknya sedot lemak. Hal ini dikarenakan metode ini berfokus pada pembentukan cara hidup yang baru, bukan kecepatan penurunan berat badan. Pasca operasi, dokter akan melakukan pendampingan pada pasien hingga setahun.

"Ini adalah 'totally different animal', hewan yang berbeda sekali tidak bisa dibandingkan sebenarnya. Sedot lemak benar-benar tidak mengejar value-value yang ada di bedah bariatrik. Turun berat badan saja bukan itu yang dikejar, apalagi komorbid, menghindari kanker, sleep apnea. Itu sama sekali tidak ada," terang dr Peter dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

"Sedot lemak adalah body shaping, membentuk tubuh. Setelah bedah bariatrik, kurus, dia baru perlu tindakan-tindakan bedah plastik. Bukan sedot lemak sih ya, mungkin kulitnya berlebih di-trimming. Tapi benar-benar sedot lemak dengan bedah bariatrik itu berbeda banget. Sedot lemak itu value-nya membentuk tubuh, kalau bariatrik kebiasaan hidup yang baru, membentuk kesehatan yang bagus, membentuk segala macam mengenai sehat," tambahnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "BB Turun Drastis, Melly Goeslaw Cuma Sanggup Makan 1 Sendok Nasi usai Bariatrik"