Hagia Sophia

01 June 2023

Beberapa Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria

Ilustrasi seks. (Foto: Dok.Detikcom)

Kesuburan pria dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pola makan, kebiasaan berolahraga, berat badan, penggunaan obat-obatan, dan stres. Kebanyakan kasus pada pria dengan badan gemuk kerap mengalami infertilitas.

Dalam melakukan program hamil, kesuburan tidak hanya penting diperhatikan oleh wanita tetapi juga penting untuk pria. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat meningkatkan produksi sperma.

Berdasarkan studi yang dilakukan dalam jurnal Pembaruan Reproduksi Manusia, terdapat penurunan 51,6 persen jumlah sperma dalam 45 tahun terakhir diakibatkan oleh pilihan gaya hidup dan bahan kimia berbahaya di lingkungan sekitar.

CEO dan Co-Founder Indira IVF, dr Kshitiz Murdia, mengatakan hal yang perlu dilakukan oleh pria adalah diet sehat dan seimbang. Mengonsumsi makanan yang berdampak signifikan pada kuantitas, kualitas dan pergerakan sperma. Hal ini merupakan faktor penting untuk pembuahan.

Dikutip dari Hindustan Times, berikut makanan yang bisa meningkatkan kesuburan:

1. Ikan
Sperma pria yang subur mengandung lebih banyak asam lemak omega 3. Mengonsumsi makanan ikan laut berlemak seperti ikan kembung, herring, sarden, teri dan salmon dapat meningkatkan kualitas sperma.

2. Buah dan sayuran
Sayuran hijau seperti bayam, selada, kangkung, sawi dan asparagus mengandung vitamin E dan folat. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi dapat memproduksi sperma yang sehat dan kuat. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dan kacang juga meningkatkan konsentrasi serta motilitas sperma menjadi lebih tinggi.

3. Asupan antioksidan
Antioksidan dapat meningkatkan kualitas sperma serta melindunginya dari kerusakan oksidatif. Makanan yang kaya akan antioksidan seperti jambu biji, pisang, alpukat, jeruk, sayuran berdaun hijau, kacang, buah beri, dan lemon.

4. Asupan seng
Seng sangat penting untuk kesehatan reproduksi pria karena dalam memproduksi testosteron dan kesehatan kelenjar prostat diperlukan asupan seng. Makanan yang kaya akan seng adalah tiram, biji labu, ayam, bayam dan lentil.

5. Rendah karbohidrat
Menjalani diet rendah karbohidrat dapat membantu mengurangi kadar insulin dan meningkatkan produksi testosteron yang dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Sedangkan bagi wanita yang mengalami kelebihan berat dan dan obesitas dengan PCOS mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dapat memperbaiki ketidakseimbangan hormon dan mengembalikan siklus ovulasi yang dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang perlu dihindari karena bisa merusak kualitas sperma:

1. Makanan olahan
Biasanya makanan olahan mengandung tinggi lemak trans, aditif buatan dan karbohidrat olahan yang dapat menurunkan jumlah serta motilitas sperma. Dianjurkan untuk fokus pada makanan yang padat nutrisi dalam meningkatkan kesuburan.

2. Hindari merokok
Merokok dan produk tembakau seperti gutka dapat merusak kesuburan. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari produk-produk tersebut.

3. Kurangi asupan makanan tertentu
Pria harus mengurangi konsumsi produk susu tinggi lemak seperti krim, keju dan susu serta kurangi daging olahan. Pria dapat mengganti produk susu tinggi lemak dengan produk kedelai yang mengandung fitoestrogen untuk meningkatkan kesuburan.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan yang Bikin Kesuburan Suami Makin Jos, Nambah Peluang Istri Cepat Hamil"