Hagia Sophia

01 June 2023

Ini Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Kurangi Risiko Kematian

Foto: Shutterstock

Sejak dulu, olahraga selalu menjadi direkomendasikan sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan. Sebab, manfaat olahraga terbukti dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi tubuh.

Dibandingkan orang yang jarang berolahraga, orang-orang yang rutin olahraga 2 sampai 3 kali seminggu tergolong lebih fit. Dirangkum dari berbagai sumber, simak manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh berikut ini.

10 Manfaat Olahraga Teratur

1. Kontrol Berat Badan
Mengelola berat badan tidak hanya dilakukan dengan menjaga pola makan, tapi juga dengan rutin olahraga. Dikutip dari website Centers for Disease Control and Prevention (CDC), olahraga selama 150 menit tiap minggunya dapat membuat berat badan lebih terjaga, sebab antara jumlah kalori yang masuk dan dibakar jadi seimbang.

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Usia yang bertambah tua seringkali linear dengan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit ini bisa dibilang cukup mematikan. Karena itu, rutin olahraga kardio selama 150 menit dalam seminggu dapat mengurangi tingkat risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Merujuk pada Mayo Clinic, berolahraga secara rutin terbukti dapat membuat tekanan darah menurun. Hal ini karena olahraga berpotensi menyebabkan jantung yang lebih kuat, yang artinya proses pemompaan darah bisa dilakukan dengan usaha yang lebih rendah. Alhasil, tekanan pada arteri juga berkurang.

4. Menguatkan Tulang dan Otot
Olahraga membuat tubuh lebih banyak bergerak daripada aktivitas sehari-hari. Makanya, tak heran jika rutin berolahraga, hal ini dapat membuat otot, tulang, dan persendian jadi lebih sehat. Hasilnya, kamu pun jadi tidak mudah lelah saat beraktivitas.

5. Menjaga Suasana Hati
Pernah dengar kalau katanya olahraga bisa membuat suasana hati jadi lebih senang? Yup, pernyataan ini bukanlah mitos belaka. Mengacu pada Healthline, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga meningkatkan kepekaan otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin yang menurunkan tingkat depresi. Selain itu, olahraga juga meningkatkan endorfin yang secara otomatis membuat hati jadi lebih positif.

6. Memperbaiki Kulit
Kondisi kulit yang tak kunjung membaik salah satunya disebabkan oleh kadar stres oksidatif dalam tubuh. Dengan berolahraga, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada oksidatif. Akhirnya, sel kulit yang baru dapat terbentuk.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur
Setelah olahraga, tubuh pasti akan merasa lelah karena energi yang hilang. Nah, pemulihan energi ini terjadi selama kita tidur dan beristirahat. Maka dari itu, tak heran kalau setiap selesai berolahraga, tidur terasa lebih nyenyak daripada biasanya. Badan pun akan terasa segar saat bangun.

8. Mengurangi Nyeri Tubuh
Selama ini, kita percaya bahwa untuk mengobati nyeri tubuh harus banyak beristirahat. Namun, Healthline menyebutkan bahwa olahraga terbukti sebagai pereda nyeri yang ampuh. Jenis-jenis nyeri yang dimaksud yakni nyeri punggung bawah kronis, fibromyalgia, dan gangguan bahu jaringan lunak kronis.

9. Meningkatkan Kemampuan Otak
Fungsi otak dapat ditingkatkan dengan rutin berolahraga. Pada orang tua, contohnya, olahraga mampu menjaga hippocampus, yang merupakan bagian terpenting untuk memori dan pembelajaran. Selain itu, olahraga juga dinilai mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

10. Mengurangi Risiko Terjatuh
Orang dewasa yang usianya lebih tua identik dengan kondisi tulang dan otot yang melemah. Karena itu, banyak dijumpai kasus orang dewasa yang terjatuh ketika beraktivitas. Karena olahraga dapat menjaga kesehatan tulang dan otot, maka bisa dibilang bahwa risiko terjatuh juga berkurang dengan melakukan olahraga secara rutin.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh, Bisa Mengurangi Risiko Kematian"