Hagia Sophia

01 June 2023

Beberapa Manfaat Anggur untuk Kesehatan

Foto: Getty Images/Dan Kitwood

Buah anggur merupakan hasil reproduksi antara putik dan serbuk sari pada tumbuhan. Buah ini termasuk dalam keluarga Vitaceae yang biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman rasa anggur, dan lain sebagainya.

Anggur dikenal dengan buah yang kaya akan senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam membantu metabolisme tubuh. Bahkan ada berbagai macam kandungan gizi pada buah anggur yang bisa menangkal radikal bebas. Lantas apa saja kandungan gizi pada buah anggur?

Fakta Gizi Anggur

Mengutip informasi gizi dari Food Data Central, buah anggur memiliki banyak kandungan seperti:
  • Kalori: 104
  • Lemak: 0 gram
  • Kolesterol: 0 mg
  • Natrium: 3 mg
  • Karbohidrat: 27 gr
  • Serat: 1 g
  • Vitamin C: 5 mg
  • Tiamin: 0,104 mg
  • Riboflavin: 0,106 mg
  • Vitamin B6: 0,13 mg
  • Vitamin A: 99,7 IU
  • Vitamin K: 22 µg
Kandungan tersebut membuat anggur kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Kesehatan dari Anggur

Mengutip dari Good Housekeeping, anggur dapat meningkatkan kesehatan dalam tubuh. Anggur mengandung lebih dari 1600 senyawa alami termasuk antioksidan dan polifenol.

Polifenol ini membantu melindungi kesehatan dan fungsi sel-sel dasar dan juga meningkatkan aktivitas antioksidan serta proses biologis penting dalam tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah anggur, di antaranya:

1. Mengatasi Masalah Jantung dan Pembuluh Darah
Anggur dalam hal kesehatan jantung sangat bermanfaat. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa anggur meningkatkan kesehatan pembuluh darah melalui vasorelaksasi yakni berkaitan dengan aliran dan tekanan darah. Hal ini dapat mengatasi masalah jantung dan pembuluh darah.

Anggur ini juga telah terbukti dalam meningkatkan profil lipid darah yang sehat, melawan stres oksidatif dan peradaban serta agregasi trombosit. Hal inilah yang membuat anggur menjadi pilihan yang menyehatkan jantung.

2. Meningkatkan Daya Ingat
Selain jantung, anggur juga bermanfaat untuk kesehatan otak yakni meningkatkan daya ingat. Menurut studi literatur Examining the impact of grape consumption on brain metabolism and cognitive function in patients with mild decline in cognition: A double-blinded placebo controlled pilot study, mengonsumsi anggur dapat membantu menjaga aktivitas metabolisme yang sehat. Orang usia lanjut pada tahap awal alzheimer yang mengalami penurunan metabolisme bisa berangsur-angsur membaik.

Semua jenis anggur mempunyai sumber alami flavonols, yang bisa menurunkan risiko demensia alzheimer sebesar 48%. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dan mencegah terjadinya penyakit pikun.

3. Melindungi dari Sinar UV
Manfaat anggur berikutnya yakni kesehatan kulit. Menurut penelitian Dietary table grape protects against ultraviolet photodamage in humans, mengonsumsi anggur selama dua minggu dapat melindungi dari sinar UV.

Kulit yang banyak terpapar sinar UV bisa menyebabkan kulit terbakar. Sedangkan mengonsumsi anggur dapat meningkatkan pembentukan sel kulit serta mencegah penipisan sel Langerhans pada manusia.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Pereda Kemoterapi
Anggur memiliki senyawa termasuk antioksidan dan polifenol lainnya, hal ini dapat membantu melindungi kesehatan dan fungsi sel yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Anggur memiliki resveratrol dan flavonoid yang telah dikaitkan dengan peningkatan kekebalan tubuh.

Anggur juga bisa dikonsumsi para penderita kanker yang menjalani kemoterapi. Efek samping dari kemoterapi seperti sariawan dan mulut kering bisa diminimalisir dengan mengonsumsi anggur beku. Tidak hanya itu, anggur juga bisa membantu mengurangi efek mual dan efek samping kemoterapi lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Usus Besar
Manfaat anggur selanjutnya yakni menjaga kesehatan usus besar. Menurut studi tentang hasil uji klinis dari efek resveratrol pada anggur, buah ini mampu mengurangi ekspresi gen yang memperbanyak pertumbuhan tumor di usus besar.

Dengan mengonsumsi anggur, jaringan usus besar akan sehat dan jauh dari risiko menderita kanker.

6. Menjaga Berat Badan
Anggur memiliki rendah kalori, bebas lemak, serta kandungan indeks glikemik yang rendah. Artinya anggur bisa menjadi cemilan bernutrisi tinggi yang dapat menjaga berat badan kamu.

Anggur bisa mengandung 100 kalori dalam satu cangkir dan terdiri dari lebih dari 80% air, inilah manfaat baik yang sangat bernutrisi untuk kesehatan tubuh.

7. Mencegah Kanker
Pada ekstrak kulit dan biji anggur kaya akan manfaat yang mengandung zat alami dan dapat membantu memperlambat atau mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker kerongkongan, mulut, faring, paru-paru, endometrium, usus besar, pankreas, dan prostat.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Manfaat Anggur untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Daya Ingat"