Hagia Sophia

01 June 2023

Bruce Willis Didiagnosis Dementia Frontotemporal, Ini Kondisinya Saat Ini

Bruce Willis didiagnosis mengalami demensia frontotemporal. (Foto: Getty Images)

Talullah Willis (29) mengungkapkan bagaimana kondisi terkini ayahnya, Bruce Willis pasca diagnosis demensia frontotemporal yang dialaminya. Talullah mengatakan bahwa ayahnya lebih banyak menghabiskan waktu bersama istrinya, Emma Heming.

Menurut Talullah, kondisi yang dialami ayahnya tidak mempengaruhi mobilitas. Bruce bahkan suka mengumpulkan pernak-pernik seperti mobil mainan, koin, batu, dan benda-benda yang dibuat dari kuningan.

"Dia suka benda yang terasa berat di tangan, sehingga dia bisa memutarnya di jari-jarinya," ucap Talullah dikutip dari NY Post, Kamis (1/6/2023).

"Selalu ada musik yang diputar. Ayah saya adalah seorang musisi hebat dalam dirinya. Dia pemain harmonika yang ulung dan ia menyukai lagu-lagu lamanya," sambungnya.

Keluarga Bruce sebelumnya mengumumkan bahwa bintang film 'Pulp Fiction' itu mengidap afasia atau kelainan otak yang mempengaruhi kemampuannya berkomunikasi. Kejadian tersebut menyebabkan masalah pada proses pembuatan filmnya di Maret 2022.

Pada bulan Februari 2023, Bruce di diagnosis yang lebih spesifik yaitu demensia frontotemporal.

Dikutip dari National Health Service (NHS), demensia frontotemporal (FTD) merupakan salah satu jenis demensia tak biasa yang menyebabkan masalah perilaku dan bahasa. Adapun demensia frontotemporal mempengaruhi otak bagian depan dan samping.

Biasanya pengidap demensia frontotemporal mengalami perubahan kepribadian dan perilaku, seperti bertindak tidak tepat atau impulsif, tampak egois atau tidak simpatik, mengabaikan kebersihan pribadi, makan berlebihan, atau kehilangan motivasi.

Dalam masalah kemampuan berbahasa, pengidapnya biasanya akan berbicara dengan cenderung lebih lambat, sulit menyusun kata saat berbicara, atau menggunakan kata yang salah.

Lebih jauh soal kondisi ayahnya saat ini, Talullah mengatakan bahwa ayahnya itu masih mengenalinya. Talullah juga memutuskan untuk mengambil banyak foto di sekitar rumah dan semua pesan suara ayahnya.

"Untuk suatu hari ketika ayah tidak ada di sana untuk mengingatkan saya tentang dia dan kita. Ayah masih tahu siapa saja," ucap Talullah.

Adapun Talullah juga menambahkan bahwa semenjak lama ia sudah mulai mencurigai kondisi ayahnya. Bahkan sebelum ayahnya itu divonis mengalami afasia awalnya.

"Ini dimulai dengan semacam ketidaktanggapan yang sama-samar. Kemudian ketidaktanggapan itu meluas dan saya terkadang merasa tersinggung. Dia memiliki dua bayi dan istri baru, saya pikir dia mulai kehilangan minat pada saya," pungkasnya.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Terkini Bruce Willis Pasca Didiagnosis Dementia Frontotemporal"