Hagia Sophia

11 June 2023

Beberapa Tanda Kehamilan yang Umum dan Khusus

Iustrasi tanda-tanda kehamilan. Foto: Shutterstock

Sering kali perempuan tidak menyadari jika dirinya sedang hamil. Apalagi tanda-tanda kehamilan ada yang sangat umum, atau mirip orang yang sedang sakit. Misal mual, pusing, dan mudah lelah.

Namun ada tanda-tanda kehamilan lain yang sangat khas, misal tidak datang bulan. Kehamilan sendiri adalah peristiwa penting yang biasanya sangat dinanti calon orang tua. Perawatan ekstra akan diberikan demi calon bayi dan ibu yang sehat.

Karena itu, penting bagi calon ibu untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan yang umum dan khusus. Berikut penjelasannya dikutip dari Mayo Clinic dan Cleveland Clinic.

Tanda-tanda Kehamilan yang Umum

Periode menstruasi yang Terlewat
Setelah pembuahan terjadi, tubuh akan memproduksi hormon menghentikan ovulasi. Ini berarti siklus menstruasi telah berhenti dan calon ibu tidak akan mengalami menstruasi lagi sampai melahirkan.

Perubahan Payudara dari Lembut ke Kencang
Perubahan hormonal di awal kehamilan mungkin membuat payudara menjadi sensitif dan sakit. Rasa sakitnya mungkin mirip dengan sebelum menstruasi, hanya saja lebih terasa.

Rasa sakit ini bersifat sementara dan akan memudar begitu tubuh menyesuaikan dengan peningkatan hormon. Kamu mungkin juga memperhatikan payudara menjadi lebih besar dengan areola yang berwarna makin gelap.

Morning Sickness
Morning sickness sebetulnya hanya sekadar nama. Faktanya, calon ibu bisa mual dan merasa tidak enak badan mulai pagi hingga malam. Kondisi ini biasanya terjadi pada umur kehamilan dua bulan.

Penyebab mual belum diketahui namun diduga karena hormon kehamilan. Mual sebetulnya tidak masalah, asal tidak ekstrim hingga terjadi Hiperemesis Gravidarum. Kondisi ini berisiko membahayakan ibu hamil dan harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Sering Buang Air Kecil
Calon ibu mungkin mendapati diri buang air kecil lebih sering dari biasanya. Hal ini terjadi karena volume darah dalam tubuh mengalami peningkatan selama kehamilan sebesar 30-50 persen.

Kondisi ini dapat menyebabkan ginjal memproses cairan ekstra yang berakhir di kandung kemih. Semakin banyak jumlah darah di dalam tubuh maka semakin sering Kamu harus buang air kecil.

Kelelahan
Kelelahan juga menduduki peringkat tinggi di antara gejala awal kehamilan. Tanda kehamilan ini terjadi karena tingginya kadar hormon progesteron. Kelelahan cenderung membaik pada trimester kedua atau ketiga.

Tanda Kehamilan yang Jarang Terjadi

Perubahan Suasana Hati
Penyesuaian jumlah hormon dalam tubuh di awal kehamilan berdampak pada suasana hati ibu hamil. Tidak heran bila calon ibu sangat emosional bahkan sampai menangis.

Kembung
Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan perut terasa kembung, mirip dengan yang dirasakan pada awal periode menstruasi.

Bercak
Bercak ringan mungkin merupakan salah satu tanda awal kehamilan atau dikenal sebagai pendarahan implantasi. Hal ini dapat terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan.

Kram
Beberapa wanita mengalami kram rahim ringan di awal kehamilan. Jika kram ini terjadi dan nyeri terutama di satu sisi tubuh, penting untuk segera menghubungi penyedia tenaga medis. Karena hal ini dapat menjadi tanda dari kehamilan ektopik atau komplikasi lainnya.

Sembelit
Perubahan hormon menyebabkan sistem pencernaan melambat, yang dapat menyebabkan sembelit.

Perubahan Nafsu Makan
Saat hamil, Kamu mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indera perasa mungkin berubah. Seperti kebanyakan gejala kehamilan lainnya, perubahan nafsu makanan ini dapat dikaitkan dengan hormon.

Hidung Tersumbat
Peningkatan kadar hormon dan produksi darah dapat menyebabkan selaput lendir di hidung Anda membengkak, mengering, dan mudah berdarah. Hal ini yang menyebabkan hidung menjadi tersumbat atau berair.

Penjelasan seputar tanda-tanda kehamilan ini tentu bisa jadi pertimbangan dan sumber informasi bagi bumil. Jika mengalaminya, calon ibu bisa segera cek kehamilan dan berkonsultasi pada tenaga kesehatan.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "12 Gejala Hamil, Ada Mual hingga Kram"