Hagia Sophia

11 June 2023

Kebiasaan Orang Jepang di Pagi Hari yang Membuat Sehat dan Panjang Umur

4 ritual warga Jepang. (Foto: Khadijah Nur Azizah/ detikHealth)

Banyak orang pastinya ingin memiliki umur yang panjang. Hal ini tentunya memerlukan gaya hidup yang sehat. Bagi mayoritas warga Jepang, gaya hidup sehat telah menjadi bagian dari keseharian mereka.

Tak hanya menjalankan kebiasaan-kebiasaan ini untuk memulai hari, mereka bahkan memiliki 'ritual' untuk lebih bersemangat dalam membuka hari.

Berikut adalah sejumlah kebiasaan pagi hari orang Jepang yang dinilai efektif dalam membuat mereka sehat dan panjang umur, dikutip dari berbagai sumber.

1. Ganti Kopi dengan Teh Hijau

Banyak orang yang mengonsumsi kopi di pagi hari untuk mengisi energi dan menghilangkan rasa kantuk sebelum memulai hari. Berbeda dengan kebiasaan itu, orang Jepang cenderung memulai hari mereka dengan mengonsumsi teh hijau.

Teh hijau mengandung antioksidan yang dipercayai memiliki sederet manfaat baik bagi tubuh, mulai dari membantu mengurangi peradangan, melindungi sel tubuh dari berbagai penyakit, menjaga imunitas tubuh, hingga meningkatkan mood.

2. Ikigai

Menurut pakar neurosains Ken Mogi, ikigai adalah sebuah 'ritual' yang dilakukan orang Jepang dalam memotivasi diri dan membuat hidup mereka menjadi lebih berwarna sebelum memulai hari.

"Untuk mendapatkan ikigai biasanya dimulai dengan merangkul lima pilar: mulai dari hal kecil, belajar menerima diri sendiri, terhubung dengan orang lain dan Bumi, menemukan kebahagiaan di hal terkecil, dan hidup untuk masa sekarang," ungkapnya dikutip Well and Good, Minggu (11/6/2023).

3. Banyak Mengonsumsi Seafood

Jepang merupakan salah satu negara di dunia dengan jumlah pengidap penyakit jantung terendah. Kebiasaan mengonsumsi seafood atau makanan laut ternyata menjadi rahasianya.

Dikutip dari Today, orang Jepang rata-rata mengonsumsi 30 kg seafood setiap tahun. Hidangan laut seperti ikan dan kerang memang memiliki kadar protein yang tinggi dan rendah lemak, sehingga membuat orang Jepang terhindar dari risiko kolesterol dan penyakit jantung.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa konsumsi seafood dua kali dalam satu minggu memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh, otak, dan mental.

4. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Warga Jepang meyakini, berhenti makan sebelum kenyang bisa membuat tubuh lebih nyaman dengan tetap memenuhi kebutuhan energi tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Bahkan, terdapat slogan yang berbunyi 'hara hachi bu', yang memiliki arti makan sampai kamu merasa 80 persen kenyang.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terungkap 4 Ritual Orang Jepang Biar Panjang Umur"