Hagia Sophia

11 June 2023

Satgas COVID-19: Sebaiknya Pakai Masker Kalau Situasinya Seperti Ini

Foto: Agung Pambudhy

Seiring kasus COVID-19 yang kian terkendali di Indonesia, Satgas Penanganan COVID-19 mengeluarkan sederet protokol kesehatan terbaru. Di antaranya, mencakup aturan penggunaan masker yang kini hanya diwajibkan kepada orang yang sedang kurang sehat.

"Diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan COVID-19," tertera dalam SE Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Protokol Kesehatan pada Masa Transisi Endemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), dikutip detikcom, Sabtu (10/6/2023).

"Dan dianjurkan tetap menggunakan masker yang tertutup dengan baik apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko COVID-19, sebelum dan saat melakukan perjalanan dan kegiatan di fasilitas publik," tertulis lebih lanjut.

Juru Bicara Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, lebih lanjut menjelaskan, yang dimaksud sebagai keadaan sehat dalam penjelasan tersebut adalah orang-orang yang bugar, fit, dan tidak sedang mengalami sakit apa Pasalnya, orang yang sedang tidak sehat bisa mengalami penurunan imunitas sehingga rentan tertular penyakit.

"Menggunakan masker untuk yang sedang 'tidak enak badan' akan melindungi kemungkinan tertular dan menularkan dari penyakit yang masuk melalui saluran pernafasan dan pencernaan," terangnya pada detikcom, Sabtu (10/6).

"Gejala penyakit umum yang perlu diperhatikan adalah demam, batuk, pilek, badan lemas dan sakit," pungkas Prof Wiku.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Anjuran Terbaru Satgas COVID-19 RI, Sebaiknya Pakai Masker Kalau Seperti Ini"