Hagia Sophia

11 June 2023

Warga Jepang Bisa Hidup Hingga 100 Tahun? Ini Kata Peneliti

Lansia di Jepang. (Foto: Dikhy Sasra)

Jepang terkenal akan banyak warganya yang hidup sehat, bahkan bisa hidup hingga mencapai usia lebih dari 100 tahun. Lantas jika ingin hidup sehat layaknya banyak orang Jepang, apa sih trik yang bisa ditiru?

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa ada virus spesifik di usus yang dapat memiliki efek baik untuk flora usus dan kesehatan manusia. Hal itu diungkapkan oleh para peneliti di University of Copenhagen.

Para peneliti mempelajari 176 centenarian dari Jepang untuk mengungkap rahasia tersebut. Centenarian diartikan sebagai orang yang sudah hidup 100 tahun atau lebih.

Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara dengan harapan hidup tertinggi di dunia. Pada September 2022, jumlah centenarian di Jepang mencapai 90.526. Jumlah tersebut mewakili 73,13 centenarian per 100 ribu penduduk di dunia.

Dalam penelitian tersebut, ilmuwan menemukan bahwa 176 centenarian tersebut memiliki bakteri usus yang 'unik'.

"Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bakteri usus warga Jepang tua menghasilkan molekul baru yang membuat mereka kebal terhadap patogen, penyebab penyakit, mikroorganisme," kata pemimpin penelitian Dr Joachim Johansen dikutip dari Mirror, Sabtu (10/6/2023).

"Dan jika usus mereka lebih terlindungi dari infeksi, maka itu mungkin salah satu hal yang menyebabkan mereka hidup lebih lama daripada yang lain," sambungnya.

Centenarian Jepang juga memiliki berbagai macam bakteri dan virus bakteri di perut mereka. Keanekaragaman mikroba yang tinggi umumnya dikaitkan dengan mikrobioma usus yang sehat.

"Kami menemukan keragaman biologis yang besar pada bakteri dan virus bakteri pada centenarian. Keragaman mikroba yang tinggi biasanya dikaitkan dengan mikrobioma usus yang sehat. Dan kami berharap orang dengan mikrobioma usus yang sehat akan lebih terlindungi dari penyakit terkait penuaan," kata Joachim Johansen.

"Begitu kita tahu seperti apa flora usus para centenarian, kita bisa lebih dekat untuk memahami bagaimana kita bisa meningkatkan harapan hidup orang lain," sambungnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kok Bisa Ya Banyak Warga Jepang Hidup 100 Tahun? Peneliti Ungkap Rahasianya"