Hagia Sophia

01 July 2023

Bolehkah Sisa Makanan yang Dikeluarkan dari Sela Gigi Ditelan?

Ilustrasi selilitan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Artem Stepanov)

Mengorek sisa makanan yang nyangkut di gigi sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Pertanyaannya sekarang adalah, apa yang kamu lakukan pada sisa makanan tersebut?

Memang, orang-orang biasanya akan membuang sisa makanan itu. Namun, tidak sedikit pula yang punya kebiasaan menelan kembali sisa makanan yang sudah dikorek entah itu reflek, atau karena ada sensasi tersendiri. Tapi sebenarnya aman nggak sih menelan kembali sisa makanan tersebut?

Pakar gigi, drg Silvia Desiree, SpKGA, angkat bicara soal ini. Ia mengatakan menelan sisa makanan yang nyangkut di sela gigi sebenarnya sah-sah saja.

"Boleh aja, nggak apa-apa," ucapnya saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (30/6/2023).

Namun, ia tidak menganjurkan menelan selilitan yang sudah berhari-hari nyangkut di gigi.

"Itu kan sisa makanan yang membusuk di situ, ya bayangin aja kayak buang sampah di ember terus embernya ditutup, tiga hari lagi dibuka baunya kayak apa tuh," ujarnya.

drg Silvia menjelaskan selilitan yang tertelan memang tidak akan menjadi racun dan mengganggu sistem pencernaan. Meski begitu, ia menilai tidak ada manfaatnya juga menelan kembali selilitan yang sudah nyangkut selama berhari-hari di gigi.

"Kalau keracunan nggak, kan dia udah di dalam mulut udah berhari-hari, kumannya kan milik dia juga. Cuman ya busuk kan, kok ditelan sih, dibuang aja lah. Sisa makanan itu kan juga bukan sesuatu yang enak, ngapain ditelan," tuturnya.

Kendati demikian, ia mengaku ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat timbul akibat selilitan yang nyangkut berhari-hari di gigi.

"Jadi ada bakteri dan virus tertentu yang memang rumahnya di dalam mulut. Tapi kalau aktivitasnya udah berlebihan, dia menyebabkan gangguan. Apa sih yang bikin aktivitasnya berlebihan? Nah itu, sisa-sisa makanan yang ketinggalan," katanya.

"Itu kan jadi makanannya dia, jadi dia bermetabolisme di situ, nimbulin infeksi. Kalau di gusi infeksi gusi, kalau di tenggorokan infeksi tenggorokan. Intinya ada sesuatu yang kotor, si kuman-kuman itu beraktivitas jadi menimbulkan kelainan di jaringan kita," pungkas drg Silvia.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Korek Selilitan Pakai Tusuk Gigi, Apakah Boleh Ditelan Lagi?"