Hagia Sophia

01 July 2023

Pesan Jokowi: Polri Ibarat Sapu Lidi, Harus Bersatu dan Bersinergi

Presiden RI Joko Widodo (screenshot YouTube Polri TV)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengibaratkan institusi Polri sebagai sapu lidi. Apa maksudnya?.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada upacara Hari Bhayangkara ke-77 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (1/7/2023). Dalam sambutannya itu, Jokowi mengibaratkan sapu lidi yang harus bersatu dan bersinergi.

"Institusi Polri itu ibarat sapu lidi. Masing-masing lidi harus bersih, masing-masing lidi harus lurus, masing-masing lidi harus kuat yang diikat dengan semangat kesatuan dan sinergisitas," kata Jokowi.

Sinergisitas yang kuat diharapkan tidak membuat blok-blok di dalam institusi Polri. Jokowi juga berpesan supaya tidak ada ada 'patron-patronan' di dalam institusi Polri.

"Tidak boleh lagi ada blok-blokan. Tidak boleh ada lagi patron-patronan," tegasnya.

Selain itu, Jokowi meminta Polri menjaga kualitas sumber daya manusia (SDM) Polri sejak rekrutmen. Sistem promosi di lingkungan Polri juga diminta diperbaiki.

"Sistem promosi harus diperbaiki, sistem pengawasan harus diperketat. Sistem pendisiplinan harus diperkuat," tambahnya.

Tantangan Polri Semakin Berat

Jokowi mengatakan tantangan Polri ke depan akan semakin berat. Dia meminta masalah dan tantangan Polri ke depan harus dikawal ketat dan serius.

"Tantangan Polri ke depan memang semakin berat, tidak semakin ringan. Masalah kamtibmas harus dikawal ketat, penanganan isu-isu harus dikawal cepat, program prioritas nasional dan pembangunan IKN harus dikawal secara serius," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta pelayanan Polri harus ditingkatkan. Tak lupa, Jokowi juga memberi arahan terkait kejahatan yang perlu diantisipasi karena teknologi semakin canggih.

"Kualitas pelayanan harus ditingkatkan, kejahatan dengan teknologi canggih harus diantisipasi," ucapnya.

Jokowi hadir sebagai inspektur upacara pada Hari Bhayangkara ke-77 di GBK. Sejumlah pejabat negara hadir dalam peringatan Hari Bhayangkara ini.
























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Jokowi: Institusi Polri Ibarat Sapu Lidi, Tidak Boleh Lagi Ada Blok-blokan!"