Hagia Sophia

22 July 2023

Heboh, Ortu Nekat Tinggal Anaknya di Rumah demi Nonton Bioskop

Foto: Istock

Linimasa Twitter kini diramaikan obrolan terkait para orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di rumah demi menonton film di bioskop. Hal ini marak menuai pro dan kontra dari warganet. Banyak yang menilai, tak seharusnya anak yang masih berusia dini ditinggalkan sendirian di rumah hanya demi menonton film.

Hal ini salah satunya disoroti oleh dokter spesialis anak dr Kurniawan Satria Denta, M,Sc, SpA. Ditegaskannya, setiap anak memang memiliki tahap perkembangan yang berbeda. Walhasil, perihal kapan anak boleh ditinggal sendirian di rumah juga bergantung pada kondisi anak masing-masing.

Namun bagaimana pun, tak seharusnya anak yang masih berusia di bawah 12 tahun ditinggal sendirian di rumah.

"Kapan anak bisa ditinggal di rumah sendirian? Walaupun kemandirian anak bisa beda-beda perkembangannya, tapi secara umum, anak di bawah 12 tahun jangan pernah ditinggal di rumah sendirian. Apalagi cuman untuk alasan yang remeh temeh kayak nonton bioskop," ungkap dr Denta melalui cuitannya, dikutip atas izin yang bersangkutan, Jumat (21/7/2023).

Amannya, menurut dr Denta, anak baru bisa ditinggal sendirian di rumah setelah usianya mencapai lebih dari 16 tahun.

"Kalau anak mau ditinggal sendirian di rumah sampai lewat hari, tunggu lah sampai usia lewat 16 tahun," beber dr Denta.

"Orang tua bukannya nggak boleh ninggal anak di rumah, tapi pastikan selalu ada orang dewasa bertanggung jawab dan penuh kasih sayang yang mengawasi anak," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Anak Soroti Ortu Nekat Tinggal Anak Sendiri di Rumah demi Nonton Bioskop"