Hagia Sophia

22 July 2023

Kisah Pilu Wanita yang Idap Anoreksia Menanti 'Bunuh Diri Medis'

Wanita anoreksia. (Foto: REUTERS/Carlos Osorio)

Seorang wanita Kanada yang mengidap anoreksia selama 40 tahun tengah menanti keputusan baru pemerintah untuk syarat kematian yang dibantu secara medis berdasarkan hukum Kanada.

Lisa Pauli (48) mengatakan sudah cukup berat berjuang untuk bangun dari tempat tidur, dan tidak cukup kuat untuk membawa pulang belanjaan tanpa berhenti untuk istirahat. Dia sempat dirawat di rumah sakit dua kali dan mencoba sejumlah perawatan berbeda untuk mengatasi kondisinya tetapi tidak ada yang berhasil.

Diberitakan Reuters, meskipun Pauli merasa dia siap untuk mati, dia saat ini belum berhak menjalani bunuh diri dengan bantuan medis di bawah aturan di Kanada.

Negara ini pertama kali melegalkan kematian dengan bantuan bagi mereka yang mengidap penyakit mematikan pada tahun 2016 dan memperluasnya untuk menyertakan orang dengan kondisi yang tidak dapat disembuhkan pada tahun 2021. Baik euthanasia maupun bunuh diri dengan bantuan medis adalah legal di Kanada.

Namun perluasan undang-undang, yang akan mulai berlaku pada Maret 2024, akan memungkinkan mereka yang kondisi dasarnya adalah penyakit mental untuk memilih kematian dengan bantuan medis.

Menurut laporan tersebut, Pauli telah mempertimbangkan kematian dengan bantuan sejak April 2021 ketika dia pertama kali mengemukakan gagasan tersebut kepada psikiater Justine Dembo.

Dembo, seorang asisten profesor di University of Toronto, mengatakan kepada Reuters bahwa Pauli dapat memenuhi syarat untuk kematian terbantu setelah perubahan undang-undang Kanada karena dia telah "menjalani perawatan berkualitas tinggi dan tidak memberikan dampak apa pun."

Ketika Pauli pertama kali membicarakan kemungkinan mendapatkan bantuan saat sekarat, ibunya Mary Heatley tidak dapat menerimanya. Tetapi Heatley berbicara dengan putrinya dan menyadari apa yang dia alami.

"Dia tidak bisa meramalkan 10, 20 tahun lagi, berapa pun tahun ini, hidup dengan gangguan makan ini," katanya.

"Saya berkata pada diri saya sendiri, 'Kamu harus mencoba dan mengingat. Inilah yang dia inginkan. Ini adalah hidupnya.' ... Dan saya harus terus berjalan tanpa dia."



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pilu Wanita Anoreksia Menanti 'Bunuh Diri Medis' untuknya Legal di Kanada"