Hagia Sophia

22 July 2023

Waspadai Cairan di Puting Payudara, Bisa Jadi Pertanda Kanker

Ilustrasi puting payudara. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin)

Kerap disepelekan, ternyata cairan yang keluar dari puting bisa menjadi pertanda kanker payudara. Ciri ini diikuti dengan perubahan warna puting yang semakin gelap.

Memang ada beberapa kemungkinan terkait kondisi tersebut, tetapi risiko kanker tidak bisa dikesampingkan.

"Kita lihat ciri-cirinya, dari warna menggelap, keluar cairan dari puting. Cairan dari puting itu hanya keluar saat dia lagi stres banget, menyusui, atau ya kanker," beber dokter spesialis onkologi dr Andhika Rachman saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (21/7/2023).

Kanker payudara sedikitnya dilaporkan pada 65 ribu warga Indonesia. Jumlahnya menjadi yang terbanyak dari laporan kasus jenis kanker lain. Bahkan 15,3 kematian per 100 ribu wanita dipicu kanker payudara.

Jika dirinci, kasus kanker di Indonesia paling banyak kedua adalah kanker serviks dengan 36 ribu kasus, disusul kanker paru estimasi 34 ribu pasien.

Sementara secara global, kanker payudara menempati ranking terbanyak dalam jumlah kasus kenaikan per tahun. Namun, pada angka kematian kanker payudara berada di peringkat kelima setelah jenis kanker lain, yaitu sebanyak 685 ribu.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Abai, Cairan di Puting Seperti Ini Bisa Jadi Pertanda Kanker Payudara"