Hagia Sophia

02 September 2023

Survivor Polio Ini Sudah Hidup 70 Tahun di Paru-paru Besi

Pria yang hidup di paru-paru besi. (Foto: Allon Smith/The Guardian)

Seorang pria yang dijuluki 'Polio Paul' telah hidup di dalam paru-paru besi selama 70 tahun. Dia dilaporkan menolak saat ditawarkan memperbarui alatnya ke yang lebih modern.

Paul Alexander, 77, terinfeksi polio di tahun 1952 saat dia berumur 6 tahun. Pada Maret, dia tercatat sebagai manusia terlama yang hidup di paru-paru besi.

Pada tahun 1952, dia mengalami wabah polio terburuk di Amerika Serikat, penyakit yang menginfeksi sekitar 58 ribu orang. Polio menyerang neuron motorik di sumsum tulang belakang, mengganggu komunikasi antara sistem saraf pusat dan otot, yang pada akhirnya membuat saraf tersebut terlalu lemah untuk memungkinkan seseorang bernapas sendiri.

Alexander sebenarnya sudah divonis mengidap polio tapi tidak dibawa ke rumah sakit karena terlalu banyak pasien. Namun selang beberapa hari setelahnya, kondisinya makin memburuk.

"Hal berikutnya yang saya ingat, saya sudah ada di dalam paru-paru besi," kenang Alexander kepada The Guardian.

Dia mengandalkan ventilator dari leher hingga ujung kaki untuk bertahan hidup sejak saat itu.

Mesin Alexander ditemukan pada tahun 1928 dan belum diproduksi lagi sejak akhir tahun 60an, seiring dengan kemajuan teknologi.

Paru-paru besi adalah kapsul kedap udara yang menutupi segalanya kecuali kepala saat ia menyedot oksigen melalui tekanan negatif, memaksa paru-paru mengembang agar pasien dapat bernapas.

Alat ini besar dan tidak praktis serta mengharuskan orang yang menggunakannya untuk diikat di dalamnya. Meskipun ada penemuan mesin yang lebih modern, Alexander lebih memilih untuk terus hidup dalam paru-paru besinya.

Dia dilaporkan menolak untuk membuat lubang lagi di tenggorokannya, yang mungkin diperlukan untuk perangkat yang lebih baru. Alexander telah belajar bernapas sebentar di luar paru-paru besi.

Selain belajar cara bernapas sendiri dalam waktu singkat, Alexander terus mengejar impian kariernya dan menginspirasi orang lain.

"Saya tidak pernah menyerah, dan saya [masih] tidak akan menyerah," kata Alexander dalam wawancara video tahun 2021.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Terkini Survivor Polio yang Hidup di Paru-paru Besi Selama 70 Tahun"