Hagia Sophia

21 October 2023

Beberapa Buah Ini Ampuh untuk Turunkan Kolesterol

Foto: Engin Akyurt/Unsplash

Ada berbagai jenis buah yang mengandung banyak serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Pasalnya, buah-buahan tersebut mengandung serat dan antioksidan, vitamin esensial, mineral, yang akan membantu mengelola kolesterol.

Lebih lanjut, simak penjelasan mengenai beberapa contoh buah penurun kolesterol di bawah ini yuk!

Buah yang Dapat menurunkan Kadar Kolesterol dengan Cepat

Berikut adalah beberapa buah penurun kolesterol dalam darah:

1. Pir
Dilansir dari Health Shots, menurut kepala ahli diet dan gizi, Delnaz Chanduwadia pir merupakan buah yang mengandung banyak serat.

"Buah-buahan yang tinggi serat larut (pektin) diketahui membantu menurunkan kolesterol. Makanan kaya serat yang bisa dimakan adalah buah pir," ujar Delnaz, dikutip dari Health Shots.

Delnaz juga menambahkan bahwa, kandungan serat juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membuat seseorang kenyang lebih lama. Sehingga, bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

2. Apel
Apel adalah salah satu buah penurun kolesterol karena memiliki kandungan serat larut yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol jahat di tubuh.

Penelitian European Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa peserta penelitian yang makan 550 gram apel utuh sehari mempunyai kadar kolesterol yang lebih rendah.

Namun, apel dalam bentuk jus tidak disarankan, karena berpengaruh akibat seratnya yang terlalu banyak hilang setelah diblender.

3. Pisang
Pisang adalah buah yang kaya akan serat, vitamin, mineral penting, serta gula alami (sukrosa, fruktosa, dan glukosa).

Selain itu, pisang juga menjadi sumber potasium dan serat yang baik dalam membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

4. Alpukat
Dikutip dari laman Healthline, alpukat menjadi buah yang membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, serat, dan nutrisi yang menyehatkan jantung dan penurun kolesterol.

5. Anggur
Anggur mengandung pectin, yakni sebuah serat larut yang menurunkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Oleh sebab itu, buah ini juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

6. Jeruk
Buah jeruk mengandung banyak vitamin C dan serat, yang juga memiliki kekuatan kualitas antioksidan. Buah jeruk bermanfaat dalam menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida yang berbahaya, yang juga meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) yang sehat.

7. Stroberi
Buah beri-berian bisa membantu penurun kolesterol karena kaya akan serat, termasuk stroberi. Banyaknya kandungan serat larut dan rendah gula dalam stroberi, membuatnya bisa menurunkan kadar kolesterol LDL.

8. Blueberry
Sama seperti stroberi, blueberry kaya akan serat larut untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, blueberry juga mengandung banyak antioksidan dan anti inflammatory.

9. Buah Naga
Buah naga memiliki zat antosianin yang menjadi salah satu jenis flavonoid. Salah satu manfaat kandungan zat tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol total.

10. Nanas
Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin, mineral, dan bromelain yang memecah kolesterol pada arteri.

11. Tomat
Ternyata, tomat itu tergolong sebagai buah karena memiliki biji dan tumbuh dari bunga tanaman. Sama halnya dengan semangka, tomat mengandung likopen sebagai penurun kadar kolesterol jahat.

12. Semangka
Dilansir dari laman CNBC, secara alami, semangka mengandung likopen yang memiliki sifat penurun lipid, yang juga membantu menurunkan kolesterol total dan LDL.

13. Jeruk Nipis
Walaupun jarang dimakan secara langsung, kandungan senyawa flavonoid yang tinggi dalam jeruk nipis bisa membantu menurunkan tingkat produksi kolesterol.

Kamu bisa menikmati jeruk nipis dengan cara mengirisnya tipis-tipis, lalu menyeduhnya ke dalam gelas berisi air panas selama 30 menit. Minumlah sehari dua kali, di pagi dan malam untuk hasil maksimalnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "13 Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh, Wajib Dicoba!"