Hagia Sophia

24 November 2023

Beberapa Menu Sarapan yang Bisa Bantu Turunkan BB

Ilustrasi telur. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Poravute)

Asupan makanan di pagi hari bukan hanya berperan menjaga energi seharian, melainkan juga bisa membantu proses penurunan berat badan. Beberapa penelitian juga menyebut, orang yang mengkonsumsi sarapan secara teratur cenderung lebih mudah dalam menurunkan berat badan.

Sarapan yang sehat umumnya mengandung protein, karbohidrat kompleks, serat, dan lemak sehat untuk menjaga energi tubuh sepanjang hari. Dikutip dari EatingWell, berikut beberapa makanan terbalik untuk sarapan yang dapat membantu menurunkan berat badan:

1. Raspberry
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), secangkir raspberry memiliki 8 gram serat. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan serat pada stroberi.

Selain itu salah satu studi Journal of Nutrition 2019 menemukan bahwa, ketika seseorang membatasi kalori dan mengkonsumsi banyak serat, besar potensi berat badan akan turun dalam waktu enam bulan.

2. Oatmeal
Oatmeal kaya akan serat sehingga bisa membuat seseorang kenyang dalam waktu lama. Seiring itu, makanan ini tidak akan meningkatkan gula darah seperti makanan karbohidrat olahan lainnya. Tak heran, makanan ini kerap diandalkan oleh orang-orang yang sedang berupaya menurunkan berat badan.

3. Yogurt
Sebuah laporan 2020 yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa, yogurt merupakan salah satu makananp paling efektif untuk berat badan. Pasalnya, yogurt bisa menimbulkan rasa kenyang dalam waktu lama, sehingga orang yang mengkonsumsinya pun tidak akan cepat lapar.

4. Telur
Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein membuat seseorang kenyang lebih lama. Menurut Penelitian Lingkungan dan Studi Kesehatan Masyarakat 2020, makan telur untuk sarapan meningkatkan kepuasaan makan serta mengurangi konsumsi kalori jam makan berikutnya.

Sementara itu, mengkonsumsi putih telur akan membantu seseorang untuk menghemat penggunaan kalori dalam tubuh.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Menu Sarapan Paling Ampuh untuk Turunkan BB, Lezat dan Anti Ribet!"