Hagia Sophia

24 November 2023

Cacar Monyet di Indonesia Tembus 55 Kasus

Gambaran pasien Mpox. (Foto: AP/Martin Mejia)

Total pasien Mpox di Indonesia hingga Selasa (21/11/2023) berjumlah 55 orang, seluruhnya tertular melalui aktivitas hubungan seksual. Kebanyakan gejala yang dikeluhkan berupa lesi.

Lesi menyebar di sejumlah tubuh, yakni wajah, lengan, hingga bagian genital, juga perianal. Meski relatif sembuh dalam hitungan minggu, bagaimana cara cepat menghilangkan bekas cacar monyet tersebut?

"Kalau bekasnya itu, biasanya memang mengalami peradangan, sembuh di dua kemungkinan saat terjadi hiperpigmentasi, kehitaman, dan hipopigmentasi warnanya menjadi lebih putih lebih cerah dibandingkan warna kulit," tutur spesialis dermatologi venereologi dr Eko Prakoso Wibowo, SpDV, saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2023).

Menurut dr Eko, selama pasien menjaga kulit tetap sehat, lembap, perlahan bekas luka akan menghilang dengan sendirinya. Namun, bila ingin mempercepat pemulihan tersebut, bisa menggunakan krim pencerah yang aman dan sudah mendapatkan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sayangnya, pemberian krim pencerah hanya berlaku jika keluhan yang dialami merupakan hiperpigmentasi. Lain halnya jika muncul hipopigmentasi.

"Selama kita menjaga kulit tetap sehat, lembap, kulit itu bisa perlahan-lahan menghilangkan bekas tersebut, tapi kebanyakan kita nggak sabar, butuh waktu yang cukup lama," terang dia.

"Kalau hiperpigmentasi, bisa memakai krim pemutih pencerah, menggunakan laser, itu juga bisa mengatasi pigmentasi, mempercepat hilangnya bekas tersebut. Kalau kejadian hipopigmentasi, lebih cerah warnanya, itu memang kita agak sulit," pungkasnya sembari menyarankan pasien untuk langsung mendatangi dokter spesialis.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mpox di RI Sudah Tembus 55 Kasus, Cek Lagi Cara Hilangkan Bekas Cacar Monyet"