Hagia Sophia

27 January 2024

Ini Risikonya Bila Pasang Behel di Tukang Gigi dengan Harga Murah

Ilustrasi kawat gigi (Foto: Thinkstock)

Pemasangan kawat gigi atau behel marak digunakan masyarakat Indonesia, terutama kaum muda. Melihat besarnya pasar pemasangan kawat gigi, para tukang gigi pun mengklaim dirinya mampu melakukan hal tersebut, bahkan tak sedikit yang membuka klinik di pinggir jalan. Mereka juga biasanya menawarkan harga yang sangat murah untuk menarik pelanggan.

Padahal, pemasangan kawat gigi selain di dokter gigi spesialis ortodonti bisa menimbulkan banyak risiko kesehatan lho.

Spesialis ortodonti, drg Irwin Lesmono, SpOrt, mengatakan pemasangan behel gigi di tukang gigi yang tak berkompetensi bisa memicu kondisi yang semakin parah. Bahkan gigi yang seharusnya menjadi rapi setelah dipasang behel, justru menjadi rusak dan berantakan.

"Jika pemasangannya di tangan yang nggak ngerti, seperti tidak berkompetensi untuk mengerjakan kawat gigi, takutnya giginya makin parah. Gerakan giginya tidak sesuai diinginkan, malah bikin tulangnya bermasalah, giginya bermasalah," imbuhnya saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (25/1/2024).

drg Irwin bahkan pernah menangani pasien yang memasang behel di tukang gigi jalanan. Diakuinya, permasalahan gigi berantakan yang dialami pasien justru bertambah parah dan tidak selesai imbas hal tersebut. Walhasil dirinya pun memberikan perawatan lebih lanjut untuk mencegah gigi pasien yang bertambah parah.

"Saya pernah dari klien gitu yang kondisinya kebetulan bermasalah kemudian datang dan saya kasih tahu, trus diperbaiki," imbuhnya.

"Masalahnya yang dialami pasien biasanya tidak selesai, mereka sudah lama dirawat selama 3 tahun. Bahkan saya sudah menerima pasien 10 tahun nggak selesai-selesai. Trus kita diagnosis, kita lakukan pemeriksaan, dan diajukan perawatan yang cocok buat dia yang sesuai," sambungnya lagi.

Menurutnya, jika ingin melakukan pemasangan kawat gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti. Sebab, dokter-dokter tersebut sudah terlatih dan mendapatkan pembelajaran khusus.

Bandingkan dengan seorang ahli gigi yang tidak diketahui dengan pasti darimana ia mendapatkan keterampilan memasang kawat gigi. Tentu jauh berbeda.

"Intinya lebih baik kita kerjakan di dokter yang berkompetensi mengerjakan kawat gigi," imbuhnya lagi.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tergiur Harga Murah Pasang Behel di Tukang Gigi? Bisa Begini Risikonya"