Hagia Sophia

27 January 2024

Tips Hilangkan Ketombe Gatal Secara Alami

Foto: Getty Images/iStockphoto/champja

Kulit kepala gatal karena ketombe tak jarang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Bentuk ketombe yang seperti serpihan putih pun bisa mengganggu penampilan. Apalagi kalau sudah tersebar di kepala dan rontok sampai ke baju.

Untungnya, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk bantu mengatasi ketombe. Di antaranya menggunakan bahan alami dan menerapkan pola hidup sehat. Simak cara menghilangkan ketombe secara alami pada uraian di bawah ini.

Penyebab Ketombe di Kepala

Dilansir Medical News Today, ketombe merupakan kondisi yang mempengaruhi kulit kepala. Ini ditandai dengan kulit kepala yang mengelupas sehingga muncul serpihan putih kekuningan atau abu-abu yang terasa gatal. Hal ini disebabkan pergantian sel kulit kepala yang cepat.

Ketombe termasuk kondisi yang umum dialami banyak orang. Disebutkan hampir 50 persen populasi global pernah mengalami ketombe setidaknya sekali dalam hidup.

Adapun ketombe dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, meliputi: kulit kepala yang kering, reaksi terhadap produk rambut yang digunakan, dermatitis seboroik, kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis, serta pertumbuhan jamur Malassezia.

Jenis-jenis Ketombe

Ketombe ternyata ada beberapa jenisnya. Simak penjelasan macam-macam ketombe dikutip dari Verywell Health.

1. Ketombe Terkait Kulit Kering
Ketombe jenis ini umum terjadi pada musim dingin karena cuaca dingin dan ruangan yang menggunakan pemanas dapat mengeringkan kulit, termasuk kulit kepala. Keramas dengan air panas dan produk rambut yang menghilangkan terlalu banyak minyak dari kulit kepala juga jadi penyebab kulit kering.

Ketika kulit kepala kering, iritasi dan pengelupasan sel kulit dapat terjadi. Inilah yang menyebabkan serpihan ketombe.

2. Ketombe Terkait Kulit Berminyak dan Jamur
Sebum atau minyak yang diproduksi berlebih oleh folikel rambut dapat menumpuk di kulit kepala. Hasilnya, sebum menggumpal bersama sel kulit mati di kepala. Ini yang bisa membentuk serpihan ketombe gatal, berminyak, dan berwarna kekuningan.

Ketika terdapat kelebihan sebum juga, flora alami kulit yang disebut Malassezia dapat berkembang biak. Karena sejenis jamur ragi ini tumbuh di dalam sebum kemudian menghasilkan produk yang menyebabkan sel kulit menggumpal sehingga membentuk serpihan ketombe.

3. Ketombe Terkait Penyakit
Kondisi kulit seperti dermatitis seboroik, eksim, dan psoriasis juga dapat memunculkan ketombe. Ini karena sejumlah penyakit tersebut menyebabkan pengelupasan kulit kepala.

Ketombe yang diakibatkan oleh kondisi kulit tersebut mesti didiagnosis dan diobati oleh dokter atau penyedia layanan kesehatan lain.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe dapat diatasi dengan penggunaan bahan alami tertentu dan menerapkan gaya hidup sehat. Simak penjelasan berikut yang dikutip dari Healthline.

1. Mengoleskan Minyak Kelapa
Minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe. Minyak ini mengandung senyawa yang terbukti memiliki sifat antimikroba.

Dengan itu, minyak kelapa bisa bantu meningkatkan hidrasi, mengurangi iritasi, serta mencegah kekeringan dan pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Untuk menggunakannya, oleskan minyak kelapa langsung ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Setelahnya bisa keramas dengan sampo berbahan alami.

2. Campuran Cuka Apel
Keasaman cuka apel dipercaya dapat bantu merangsang pelepasan sel kulit mati di kulit kepala. Disebutkan juga, cuka ini bersifat antijamur dan bisa menyeimbangkan pH kulit sehingga mengurangi pertumbuhan jamur serta mencegah ketombe.

Kalau ingin memakai bahan satu ini, tambahkan cuka sari apel ke dalam sampo lalu gunakan saat keramas. Atau bisa juga dengan mencampurkan cuka apel dan beberapa tetes minyak esensial untuk disemprotkan langsung ke kulit kepala.

3. Campuran Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh atau tea tree oil yang berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia telah dikenal sebagai obat untuk kondisi kulit seperti jerawat, dermatitis, dan psoriasis.

Minyak ini mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol yang bersifat antimikroba kuat. Karena itu, minyak pohon teh dapat digunakan untuk mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala.

Jangan mengoleskan langsung tea tree oil ke kulit kepala karena bisa menyebabkan peradangan. Sebaiknya tambahkan beberapa tetes minyak ini ke dalam sampo. Atau campurkan beberapa tetesnya ke minyak pembawa seperti jojoba oil atau minyak kelapa sebelum mengaplikasikannya langsung ke kulit kepala.

4. Oleskan Aloe Vera
Tanaman lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Selain itu, terkandung pula senyawa bioaktif seperti asam amino dan antioksidan yang dapat mengurangi ketombe.

Untuk menggunakannya, aloe vera bisa dijadikan gel yang dapat dioleskan langsung pada kulit kepala.

5. Campuran Minyak Serai
Minyak serai atau sereh bersifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat bantu mengurangi gejala ketombe.

Sama seperti tea tree oil, minyak serai bisa menyebabkan iritasi atau reaksi alergi jika dioleskan langsung ke kulit kepala. Karena itu, encerkan minyak serai dengan air atau campurkan beberapa tetesnya ke dalam sampo untuk digunakan.

6. Konsumsi Makanan Mengandung Omega-3
Selain memainkan peran penting untuk tubuh, omega-3 bagus juga untuk menjaga kesehatan kulit dengan mengatur produksi sebum, meningkatkan hidrasi, serta penyembuhan luka. Asam lemak ini juga dapat bantu mengurangi peradangan.

Makanan yang kaya omega-3, antara lain ikan salmon, mackerel, biji chia, dan kacang kenari. Namun jika mengkonsumsi terlalu banyak asam lemak ini dapat menyebabkan ruam bersisik dan gatal.

7. Konsumsi Probiotik
Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain perlindungan alergi, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menurunkan berat badan.

Probiotik juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang bisa bantu melawan infeksi jamur penyebab ketombe. Di samping itu, probiotik dapat bantu mengobati dan mencegah kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis atopik.

Makanan yang mengandung probiotik seperti tempe, tapai singkong, acar, yoghurt, kimchi, serta natto.

8. Soda Kue
Soda kue dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Bahan ini bertindak sebagai eksfolian lembut yang bantu mengangkat sel kulit mati serta mengurangi kerak dan gatal. Soda kue juga memiliki sifat antijamur yang dapat bantu melawan jamur penyebab ketombe.

Namun jika bahan ini digunakan terlalu sering bisa merusak kulit kepala karena tingkat pH yang sangat tinggi. Soda kue juga dapat menghilangkan sebum alami rambut sehingga bisa mengakibatkan iritasi.

9. Hindari Makanan Tertentu
Makanan yang dikonsumsi dapat memberi dampak besar bagi tubuh. Walau bukan penyebab utama ketombe, makanan tertentu bisa memperburuk gejalanya.

Beberapa makanan yang dapat dihindari, mencakup karbohidrat olahan seperti roti, pasta, dan biskuit, makanan yang diproses, gorengan, serta makanan dan minuman manis.

10. Hindari Produk Rambut Tertentu
Jika mengalami ketombe, sebaiknya hindari dan batasi penggunaan produk rambut tertentu. Seperti pewarna rambut karena dapat mengiritasi kulit kepala serta meninggalkan minyak dan bahan kimia di kulit kepala yang bisa meningkatkan risiko munculnya ketombe.

11. Kelola Stres
Stres diyakini mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh. Meski tidak langsung menyebabkan masalah kulit, tapi stres dapat memperburuk dan memicu munculnya kondisi kulit tertentu. Seperti pada ketombe. Stres dapat memperburuk gejala kekeringan dan rasa gatal yang dialami.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Cara Menghilangkan Ketombe Gatal Secara Alami"