Hagia Sophia

13 January 2024

Mpok Atiek Idap Tumor Usus, Ini Kisahnya Awalnya

Komedian senior Mpok Atiek mengidap tumor usus. Foto: Instagram mpok.atiek

Komedian senior Mpok Atiek dikabarkan mengidap tumor jinak di usus. Namun ia enggan menjalani operasi pengangkatan tumor dan lebih memilih menjalani pengobatan alternatif. Alasannya, yakni trauma melihat ibunda yang meninggal dunia karena mengidap kanker usus.

"Mamah Mpok itu waktu itu sudah kanker usus gitu kan. Jadi Mamah Mpok itu waktu itu dikemo dulu, abis dikemo diangkat terus babnya lewat kantong gitu kan," tutur Mpok Atiek saat ditemui di Studio Trans TV, dikutip dari detikHot, Kamis (11/1/2024).

"Terus berapa bulan kemudian dikembalikan lagi ke semula dan itu gak balik lagi namanya (meninggal dunia). Jadi Mpok trauma takut untuk menjalankan operasi gitu karena pengalaman mamah jadi trauma," ujarnya lebih lanjut.

Awal Mula Ketahuan Idap Tumor Usus

Mpok Atiek mengetahui bahwa dirinya mengidap tumor usus pada sekitar Juni 2023. Saat itu, gejala awal yang muncul adalah sakit perut setiap hari. Seiring itu, ia juga mengalami kesulitan buang air besar (BAB).

"Waktu itu bulan juni, ada perut nggak enak terus setiap hari. Maaf, BAB nggak lancar bisa 3 hari, 4 hari. Akhirnya periksa ke dokter internis, singkat cerita dokter internis dirujuk ke gastro (dokter gastroenterologi) harus diendoskopi sama kolonoskopi. Banyak banget polipnya di usus," ungkap Mpok Atiek dalam tayangan FYP Trans 7.

"Sudah diambil semuanya (polip yang kecil-kecil di usus), ada satu yang besar kayak bakso, sudah berakar, tapi katanya jinak menjelang ke ganas. Sebelum ganas harus diangkat lewat perut," katanya lebih lanjut.

Dihubungi secara terpisah, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hemato-onkologi, dr Jeffry Beta Tenggara, SpPD, KHOM, menjelaskan tumor adalah benjolan yang muncul secara tidak normal di tubuh. Tumor terbagi menjadi dua jenis, yakni tumor jinak atau disebut sebagai polip dan tumor ganas atau disebut kanker.

Jaringan polip berukuran kecil, bertangkai, dan dapat tumbuh sendiri atau berkelompok. Polip bisa tumbuh di bagian mana pun, termasuk hidung, usus besar, dan rahim.

Menurutnya, polip tidak bersifat merusak seperti kanker dan tidak bisa menyebar ke organ tubuh lain. Namun begitu dr Jeffry mengingatkan, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui jenis tumor yang diidap pasien.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Awal Mula Mpok Atiek Ketahuan Idap Tumor Usus: Susah BAB, Sering Sakit Perut"