Hagia Sophia

24 February 2024

Makin Banyak Wanita Indonesia Hamil di Atas 30 Tahun, Ini Kata Dokter Kandungan

Foto ilustrasi: Shutterstock

Usia ibu hamil di Indonesia khususnya di kota-kota besar mulai bergeser. Dokter kandungan menemukan usia ibu hamil pertama kali mulai banyak di umur 30-an.

"Angka kehamilan risiko tinggi itu meningkat, karena perempuan kebanyakan mengejar karier dulu sehingga usia reproduksi bergeser 30-38 tahun," kata spesialis obgyn dr Novan Satya Pamungkas, SpOG dalam diskusi media di Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Kehamilan di atas usia 30 tahun meski aman-aman saja, tetap ada risiko di baliknya. Wanita yang baru pertama kali hamil di atas 30 tahun tergolong sangat berisiko.

"Contoh, risiko janin down syndrome meningkat 3 kali lipat. Jadi memang tidak semuanya risiko tinggi, tapi secara statistik data menunjukkan seperti itu," ujarnya.

Selain itu hamil di usia di atas 30 tahun juga berpengaruh dari sisi sperma dan sel telur. Seiring bertambahnya usia, kualitas sel telur dan sperma akan semakin menurun.

Risiko lain juga bisa muncul pada ibu karena kemampuan tubuh yang sudah menurun untuk menopang janin dalam kandungan.

"Saat usia bertambah, hormon, sel-sel, otot juga semua berubah, kemampuannya mengalami penurunan seiring waktu. Semua ini tentu berpengaruh terhadap kehamilan," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Kandungan Soroti Makin Banyak Wanita RI Baru Hamil di Atas 30 Tahun"