Hagia Sophia

24 February 2024

Mengenal Kanker Kolorektal, Jenis Apakah Itu?

Ilustrasi sakit perut (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tharakorn)

Pernah mengalami nyeri perut yang hebat dan hilang timbul di perut bagian tengah? Bisa jadi itu salah satu gejala kanker kolorektal.

Penyebab umum kanker kolorektal sangatlah kompleks. Mulai dari pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, faktor usia, adanya riwayat kanker kolon dalam keluarga, bahkan adanya riwayat kanker lain seperti kanker ovarium, kanker uterus, dan kanker payudara.

Perasaan nyeri di bagian perut tengah mungkin dialami banyak orang, tapi harus tetap diwaspadai karena bisa jadi tanda sakit yang serius.

"Kalau merasa ada nyeri perut hebat yang hilang timbul, tetap perlu diwaspadai. Pasien kanker kolorektal itu kebanyakan datang sudah berada di stadium akhir. Jadi, harus sedini mungkin mengenali gejalanya," jelas konsultan bedah digestif, dr Ariansah Margaluta, SpB-KBD, Rabu (21/2/2024)

Adapun gejala lain yang harus diperhatikan untuk mendeteksi kanker kolorektal menurut dr Ariansah adalah sebagai berikut:
  • Perubahan pola defekasi/BAB
  • BAB berdarah
  • Berat badan turun tanpa sebab yang jelas
  • Nyeri bagian tengah perut/kolik abdomen
  • Anemia, pasien tampak pucat
Kenali gejala-gejala tersebut sedini mungkin. Jika sudah terlambat akan berisiko lebih besar, juga lebih sulit untuk penanganannya.

dr Ariansah menyarankan untuk segera periksakan jika ada gejala-gejala yang muncul ke spesialis agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Jika memang terdeteksi ada indikasi serius pada usus besar, akan dilakukan beberapa screening test, seperti kolonoskopi prosedur pemeriksaan medis untuk melihat bagian dalam usus besar (kolon), pemeriksaan tes darah samar atau Fecal Occult Blood Test (FOBT), dan metode pencitraan usus besar dengan fluoroskopi atau Double Contrast Barium Enema (DCBE).


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nyeri di Perut Bagian Tengah? Waspadai Gejala Kanker Kolorektal"