Hagia Sophia

06 April 2024

Pesan Kemenkes Bagi yang Mudik Menggunakan Kendaraan Roda Dua

Banyak warga memilih motor sebagai moda transportasi untuk mudik. (Foto: Antara Foto/Dedhez Anggara)

Setiap tahun, mudik menjadi momen yang dinantikan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun, dalam beberapa kasus, mudik menggunakan sepeda motor bisa menimbulkan berbagai masalah yang serius, termasuk kecelakaan lalu lintas.

Sehubungan dengan itu, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes dr. Azhar Jaya, SH, SKM, MARS, menghimbau agar masyarakat mengindari mudik menggunakan sepeda motor.

"Sesuai dengan anjuran yang disampaikan oleh Menko Kesra dan Kemenhub, kita juga berusaha menghindari mudik menggunakan kendaraan roda dua karena resikonya sangat besar," ungkap Azhar dalam acara Pelepasan Bus Mudik Bersama Pegawai Kemenkes pada, Kamis (4/4/2024).

Ia menambahkan, pihak Kemenkes dan jajaran Polri akan melakukan pemantauan dan pengamanan untuk masyarakat yang terpaksa mudik menggunakan sepeda motor.

"Polri juga akan melakukan pengamanan-pengamanan khusus (di lapangan) kepada pemudik-pemudik yang menggunakan roda dua," tambah Azhar.

Azhar menegaskan, bagi masyarakat yang terpaksa mudik menggunakan kendaraan bermotor, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

"Kalau mudik naik motor, maka kondisi fisik dan kondisi kendaraan harus benar-benar prima. Karena kalau motor kempes sedikit saja, bisa berbahaya dan menimbulkan kecelakaan yang mengancam jiwa pemudik," tegasnya.

Selain itu menurutnya, bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor agar melapor kepada petugas-petugas terkait dan mengikuti instruksi dari kepolisian.

"Harus mengikuti arahan dari polisi lalu lintas. Jika diminta untuk stop, ya stop. Karena mungkin ada pengawalan dari mereka ketika melewati jalur-jalur yang rawan kecelakaan. Khususnya bagi kendaraan roda dua," tutup Azhar.

Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Terpisah, dokter spesialis orthopedi dr Oryza Satria, SpOT(K), memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk meminimalisir dampak negatif mudik menggunakan sepeda motor.
  • Kondisi Sepeda Motor
    Pastikan tekanan ban dan suspenso peredam getaran berfungsi dengan baik. Karena getaran yang berlebihan dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf yang dapat menimbulkan gejala pegal-pegal sampai nyeri.

  • Perhatian Kondisi Kesehatan
    Pastikan fisik dalam keadaan yang baik dan sehat. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan.

  • Istirahat yang Cukup
    Beristirahatlah setiap 3-4 jam sekali serta istirahat saat merasa lelah dan mengantuk.

  • Tidak Membawa Beban Berat
    Tidak membawa beban terlalu berat dan sesekali berhenti untuk meregangkan tubuh.

  • Menjaga Hidrasi Tubuh
    Para pemudik harus selalu menjaga hidrasi tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan cairan harian selama perjalanan agar tidak dehidrasi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pesan Kemenkes Buat yang Berangkat Mudik Naik Motor Tahun Ini"