Hagia Sophia

06 April 2024

Selama Mudik Bisa Berobat Pakai BPJS, Tinggal Tunjukan KTP

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti. (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)

Para peserta BPJS Kesehatan masih bisa mendapatkan layanan kesehatan selama periode cuti bersama dan mudik Lebaran 2024. Hal ini memudahkan peserta untuk bisa mendapatkan perawatan medis di klinik yang bekerja sama dengan BPJS.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan peserta BPJS Kesehatan masih tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan, meski berada di luar domisili. Namun, perlu dipastikan kepesertaannya dalam kondisi aktif.

"Masih bisa (berobat dengan BPJS), di klinik yang punya BPJS dan dia peserta BPJS. Yang penting aktif ya," jelas Ghufron pada media di Jakarta Timur, Jumat (5/4/2024).

"Jadi sebelum mudik, tolong dicek BPJS-nya aktif nggak. Ini yang sering sekali dilupakan. Kalau nggak aktif bisa menjadi persoalan," lanjut dia.

Untuk mengecek status kepesertaan BPJS bisa dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Selain itu, bisa juga dengan mendatangi langsung kantor BPJS Kesehatan yang ada di wilayahnya.

Ghufron mengungkapkan untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan, peserta BPJS cukup membawa KTP atau menyebut Nomor Induk Kependudukan (NIK). Peserta tidak perlu membawa berkas-berkas lainnya.

"BPJS Kesehatan itu luar biasa, pakai KTP itu bisa kemana saja, nggak usah takut," katanya.

Bagaimana jika peserta mengalami kecelakaan?

Ghufron menjelaskan untuk kasus kecelakaan selama mudik Lebaran, sebetulnya ditanggung oleh pihak Jasa Raharja. Adapun nominal yang ditanggung oleh Jasa Raharja maksimal 20 juta.

Apabila nantinya perawatan yang dibutuhkan lebih dari batas nominal tersebut, Ghufron menyebut BPJS akan menanggung sisanya. Selain itu, diperlukan juga mengurus surat keterangan dari polisi.

"Tapi, Jasa Raharja biasanya maksimum 20 juta. Nanti kalau lebih dari 20 juta, BPJS kesehatan yang menanggung," beber Ghufron.

"Tapi BPJS nggak boleh dobel, karena kita semua penumpang itu biasanya sudah include bayar di karcisnya itu untuk Jasa Raharja. Jadi, salah satu saja," tuturnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Perlu Repot Urus Berkas, Berobat saat Mudik Pakai BPJS Tinggal Bawa KTP"