Hagia Sophia

20 January 2023

Ada Apa dengan Haaland? 3 Laga, 0 Gol

Penyerang Manchester City Erling Haaland sedang seret gol. (Foto: REUTERS/TONY OBRIEN)

Erling Haaland tengah disorot karena lagi seret gol. Manajer Manchester City Pep Guardiola menyalahkan diri sendiri atas situasi Haaland sekarang.

Superstar sepakbola Norwegia itu memang mengawali kariernya di Man City dengan sensasional usai menceploskan 27 gol dalam 24 penampilan saja. Akan tetapi, sejak membobol gawang Everton dalam hasil seri 1-1 pada malam tahun baru, Haaland belum lagi mengukir namanya di papan skor.

Keran gol penyerang berusia 23 tahun itu macet dalam tiga pertandingan the Citizens selanjutnya. Kesulitan Haaland turut memengaruhi Man City usai cuma sekali menang (vs Chelsea 1-0) dan menderita dua kekalahan (vs Southampton 0-2 dan Manchester United 1-2). Lebih buruk lagi, eks penggawa Borussia Dortmund itu sama sekali gagal melepaskan tembakan on target.

Guardiola meyakini, Erling Haaland bukannya sedang mengalami krisis, melainkan kurangnya servis dari pemain-pemain Manchester City. "Kami punya permainan sendiri, kami punya prinsip-prinsip kami sendiri tapi cara kami bermain dalam dua pertandingan terakhir tidak membantu Erling mencetak gol," cetus dia di Stats Perform.

"Di dalam membangun serangan anda bisa bergerak lebih lebar, tapi di sepertiga akhir anda punya pemain-pemain di tengah. Jika Erling tidak ada di sana, kami tidak bisa mencetak banyak gol. Sebelumnya, kami selalu memiliki pergerakan yang sangat bagus di sepertiga akhir, di celah-celah yang sempit. Sekarang di dua laga terakhir, kami tidak memilikinya."

"Saya akan mengatakan bahwa itu kesalahan saya. Saya tidak membuat mereka paham bagaimana kami harus menyerang. Kami perlu pemain-pemain yang bisa berlari, tidak hanya Erling," sambung eks bos Barcelona dan Bayern Munich itu.

"Jika kami cuma memiliki Erling, dia akan dikendalikan oleh dua atau tiga bek tengah. Kami perlu lebih banyak pemain di posisi-posisi itu, sudah pasti. Kami sudah melakukannya. Kami harus melakukannya lebih sering," Guardiola menyimpulkan.

Erling Haaland akan mencoba mengakhiri puasa golnya pada malam ini. Manchester City akan menjamu Tottenham Hotspur di Stadion Etihad, Jumat (20/1/2023) mulai pukul 03.00 WIB.























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Haaland Lagi Krisis: 3 Laga, 0 Gol, 0 Shot on Target"