Hagia Sophia

20 January 2023

China Berhasil Ciptakan Kuda Kloning untuk Olahraga Berkuda

Zhuang Zhuang, 'diproduksi' oleh laboratorium yang berbasis di Beijing, Sinogene. Foto: VOA

Sebuah perusahaan bioteknologi di China mempersembahkan kuda hasil kloning yang mereka 'ciptakan' kepada publik. Ini adalah kuda kloning pertama dari jenisnya yang lahir di negara tersebut dan disetujui untuk olahraga berkuda.

Untuk diketahui, sejak awal 2000-an, kloning kuda untuk kompetisi dan kuda ras asli telah dipraktikkan di beberapa negara, terutama untuk perbaikan genetik.

Kuda yang satu ini, lahir Juni 2022 dari kuda induk pengganti. Zhuang Zhuang, nama kuda tersebut, 'diproduksi' oleh laboratorium yang berbasis di Beijing, Sinogene. Ia merupakan tiruan dari kuda yang diimpor dari Jerman.

Kuda berwarna hitam ini adalah yang pertama dari kelompok ras "darah hangat" yang lahir di China, dan secara resmi disetujui oleh Asosiasi Industri Kuda China. Kuda berdarah hangat umumnya adalah kuda ringan dengan temperamen yang lincah.

Seperti dikutip dari VOA, olahraga berkuda, terutama show jumping, telah berkembang pesat di China dalam beberapa tahun terakhir. Namun, negara ini kekurangan kuda dengan performa tinggi.

"Saya berbicara dengan atlet berkuda yang berpartisipasi dalam Olimpiade. Mereka semua memiliki lebih dari satu kuda, biasanya dua atau tiga. Setiap kuda harganya mulai dari beberapa juta hingga 10 juta yuan," kata CEO dari Sinogene, Mi Jidong.

"Kloning dapat membantu mengurangi biaya pengembangbiakan dan beternak kuda," sambungnya.

Ia menambahkan, memproduksi kuda kompetitif di China dengan cara mengkloning diharapkan bisa mengurangi ketergantungan pada hewan impor yang mahal yang memasok olahraga berkuda China.

Keberhasilan Sinogene menjadi catatan baru di industri kuda tak hanya di China, tetapi juga di dunia. Kuda hasil kloning pertama di dunia, lahir di Italia pada tahun 2003.

Sebelumnya, Sinogene telah membuat kemajuan signifikan di industri perkloningan. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi mereka yang sudah jauh lebih matang telah menghasilkan kloningan domba, sapi, babi, anjing, dan kucing.





















Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Kloning Kuda Jadi Harapan Baru Buat Olahraga Berkuda di China"