Hagia Sophia

20 January 2023

Liga Inggris: Manchester City Kalahkan Tottenham Hotspur 4-2

Manchester City comeback dari tertinggal dua gol lalu berbalik mengalahkan Tottenham Hotspur 4-2. (Foto: Action Images via Reuters/LEE SMITH)

Manchester City menciptakan comeback sensasional untuk berbalik mengalahkan Tottenham Hotspur 4-2. Man City tertinggal dua gol lebih dulu di babak pertama.

Man City menjamu Tottenham di Stadion Etihad pada lanjutan Liga Inggris, Jumat (20/1/2023) dinihari WIB. Riyad Mahrez menginspirasi kemenangan tim tuan rumah usai mencetak dua gol dan satu assist.

Spurs mengejutkan the Citizens lebih dulu usai mencetak dua gol jelang turun minum melalui Dejan Kulusevski dan Emerson Royal. Namun, Man City merespons di babak kedua.

Pasukan Pep Guardiola tampil kesetanan dengan memberondong empat gol ke gawang Tottenham masing-masing melalui Julian Alvarez, Erling Haaland, dan sepasang gol Mahrez.

Dengan kemenangan ini, Man City tetap di peringkat kedua klasemen usai mengoleksi 42 poin hasil 19 laga. Si Biru Langit memangkas jarak dengan pemimpin kompetisi, Arsenal, yang masih akan melakoni laga di akhir pekan.

Di sisi lain, Tottenham terpaku di urutan kelima. Spurs mengumpulkan 33 poin hasil 20 pertandingan, berjarak lima poin dari Newcastle United di empat besar dengan satu laga lebih sedikit.

Jalannya Pertandingan

Manchester City mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal. Tendangan bebas Man City yang dieksekusi Riyad Mahrez hanya membentur pagar hidup Tottenham.

Umpan tarik Julian Alvarez kepada Jack Grealish di kotak penalti diblok Eric Dier. Tottenham merespons melalui tembakan jarak jauh Emerson Royal yang masih melambung tinggi di atas mistar Man City.

Pada menit ke-36, Tottenham menciptakan sebuah peluang. Crossing Kulusevski disambut Son Heung-min dengan sundulan meski bola masih mengarah ke pelukan Ederson.

Empat menit berselang, serangan Man City diakhiri Rico Lewis dengan sepakan keras dari depan area D. Bola melengkung menuju dekat tiang gawang, tapi Hugo Lloris membuat penyelamatan bagus.

Man City semakin dekat dengan gol pertamanya. Kerja sama Mahrez dengan Rodri dilanjutkan dengan sebuah crossing ke kotak penalti. Sayang sekali, tandukan Erling Haaland melebar tipis.

GOL! Kebuntuan terpecah. Tottenham membuka skor di menit ke-45. Spurs memanfaatkan blunder Ederson.

Setelah menerima backpass dari Nathan Ake, Ederson mengoper kepada Rodri tapi bola bisa direbut Rodrigo Bentancur. Bola kemudian diselesaikan Dejan Kulusevski dengan sepakan ke sudut bawah gawang. Spurs memimpin 1-0.

Tottenham hanya butuh dua menit untuk memperbesar keunggulannya atas Man City menjadi 2-0. Harry Kane memenangi bola di kotak penalti lalu melepaskan sepakan yang ditangkis Ederson. Bola liar disambar Emerson Royal dari depan gawang.

Man City langsung merespons usai kickoff babak kedua. Julian Alvarez menciptakan gol balasan untuk mengubah kedudukan menjadi 1-2 di menit ke-51.

Aksi Mahrez di sayap kanan diteruskan dengan crossing ke tengah kotak penalti lalu menciptakan kemelut di depan gawang. Alvarez menyelesaikan dengan tendangan voli untuk menaklukkan penjagaan Lloris.

GOL! Man City bangkit. Haaland menggetarkan gawang Spurs sehingga menyeimbangkan permainan dalam kedudukan 2-2 di menit ke-54.

Rodri melepaskan umpan lambung yang diteruskan Mahrez dengan sundulan. Bola melambung sebelum dituntaskan Haaland dengan sundulan mudah dari depan gawang.

Spurs nyaris menciptakan gol ketiganya. Kulusevski bebas di sayap kanan lalu mengirim umpan silang mendatar. Ivan Perisic meneruskan dengan tembakan di dalam kotak penalti, tapi intersepsi Lewis membuat bola cuma mengenai mistar gawang Man City.

GOL! Pada menit ke-63, Man City akhirnya berbalik mengungguli Tottenham 3-2. Mahrez meliuk-liuk lalu mengalahkan penjagaan Perisic sebelum menuntaskan dengan sepakan dari sudut sempit ke pojok bawah gawang Spurs.

Sebelas menit berselang, Tottenham mencoba mengancam Man City. Umpan silang Son dari sisi kanan diteruskan Cristian Romero, tapi tendangan volinya melebar.

Man City mengakhiri perlawanan Tottenham. Di menit ke-90, Mahrez mencetak gol keduanya sehingga Man City kini unggul 4-2. Tendangan gawang Ederson ke depan gagal disapu Clement Lenglet, bola kemudian dikuasai Mahrez yang menyelesaikan dengan sepakan yang melewati atas kepala Lloris.

Susunan Pemain

MANCHESTER CITY: Ederson, Ake, Akanji, Lewis (Walker 83'), Guendogan (Bernardo Silva 81'), Grealish, Rodri, Mahrez, Haaland (Ruben Dias 90'), Alvarez

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Ben Davis (Lenglet 79'), Dier, Romero, Emerson (Richarlison 79'), Perisic (Sessegnon 69'), Hojbjerg, Bentancur (Bissouma 75'), Kulusevski, Son Heung-min, Kane























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs Tottenham: The Citizens Comeback, Hempaskan Spurs 4-2"