Hagia Sophia

20 January 2023

Benarkah Ada Danau Dadakan Muncul di Wilayah Gurun Pasir Arab? Ini Infonya

Danau Dadakan Muncul di Gurun Tandus Arab, Ini Penjelasannya. Foto: AFP

Sejumlah danau dadakan muncul di wilayah gurun pasir Arab Saudi. Fenomena ini terjadi tak lama setelah gunung tandus di Makkah menghijau dan membuat publik dunia heboh.

Tak hanya danau, wilayah Wadi al-Rummah yang biasanya gersang kini dialiri sungai. Sejumlah situs berita membagikan foto-foto kejadian tersebut, dan media Timur Tengah, Al-Arabiya juga melaporkan kemunculan danau dan sungai dadakan.


Para pemain jet ski memanfaatkan peristiwa langka ini. Mereka terlihat beraksi melintasi air dan ditonton warga setempat. Beberapa orang juga tampak mendayung perahu mendayung melintasi danau. Ratusan orang dari berbagai wilayah dekat Wadi al-Rummah berbondong-bondong ke lokasi waduk yang meluap tersebut.

Studi geologi

Berdasarkan studi geologi, Wadi al-Rummah pernah mengalami hal serupa namun sangat jarang, hanya tiga kali setiap 100 tahun. Di tahun 1900-an, fenomena serupa terjadi di tahun 1945, 1982, dan 1987. Di tahun 200-an fenomena ini terjadi di tahun 2004, 2008 dan 2018.

Mengulik ke belakang lagi, pernah terjadi genangan terlama di tahun 1818. Saat itu, Wadi al-Rummah dilanda banjir selama 40 hari. Lalu di tahun 1838, terjadi banjir selama 22 hari dan pada 1987 serta 2008 banjir melanda selama 17 hari.

"Pada tahun 1838 Wadi al-Rummah meluap, menciptakan danau seluas 520 kilometer persegi yang bertahan selama dua tahun. Fenomena ini menarik perhatian burung air yang jarang terlihat di lembah untuk mendatangi daerah tersebut," tulis laporan Al-Arabiya.

Hujan lebat

Untuk diketahui, di awal Januari 2023, Arab Saudi dilanda hujan lebat. Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi mengumumkan bahwa hujan lebat, disertai angin kencang, terjadi di beberapa bagian Makkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum, al-Kamil, Bahra, Khulais, al-Laith, al-Qunfudhah, al-Ardiyat, Adham al-Baha, dan Asir. Hujan deras juga melanda Madinah, al-Qassim, dan Riyadh.

Peristiwa ini kemudian menyebabkan fenomena sejumlah wilayah Makkah yang tandus ditumbuhi rerumputan hijau. Uniknya lagi, sempat turun salju bahkan menyelimuti wilayah Tabuk di utara Arab Saudi saat suhu anjlok di seluruh Jazirah Arab.
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Danau Dadakan Muncul di Gurun Tandus Arab, Ini Penjelasannya"